Tim gabungan lajutkan upaya translokasi dua gajah liar di OKU Selatan

id gajah,gajah liar,suaka maragasatwa ,sm gunung raya,oku selatan

Tim gabungan lajutkan upaya translokasi dua gajah liar di OKU Selatan

Upaya translokasi dua ekor gajah liar di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Selasa (24/8). ANTARA/HO-BKSDA

Palembang (ANTARA) - Tim gabungan masih melanjutkan upaya translokasi dua ekor gajah liar dari Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten OKU Selatan (OKUS) Provinsi Sumatera Selatan menuju ke Hutan Kawasan Suaka Margasatwa  Gunung Raya.

“Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan masyarakat masih  melanjutkan upaya penggiringan gajah ke titik tujuan translokasi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKU Selatan Umar Safari di Muaradua, Kamis.

Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan jejak dan informasi dari masyarakat, Kamis (26/8) ini diketahui gajah berada di Teriti wilayah Desa Pulau Duku, Kecamatan Mekakau Ilir.

Menurut dia, pada pukul 08.00 WIB, tim mendapat arahan dari Kepala BKSDA Sumatera Selatan terkait teknis dan dukungan logistik.

Selanjutnya, pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB, tim mengirimkan regu survei jejak untuk mengetahui keberadaan (lokasi dan koordinat) gajah liar tersebut.



Sehari sebelumnya, tim juga melakukan upaya translokasi gajah ini yang bertujuan mengamankan gajah dari aktivitas masyarakat ataupun sebaliknya.

Upaya translokasi atau evakuasi gajah Sumatera ini sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

Kegiatan ini dilakukan selain sebagai salah satu langkah konservasi gajah, juga diharapkan dapat meminimalisir konflik antara gajah dan manusia.

Ia menjelaskan pemindahan gajah liar ke hutan kawasan Suaka Margasatwa Gunung Raya ini dilakukan untuk mencegah agar hewan tersebut tidak masuk ke permukiman penduduk.

"Pemindahan ini dilakukan untuk meminimalisasi konflik antara gajah dengan manusia," kata dia.