Esports dinilai bisa jadi solusi kegiatan liburan akhir tahun

id Esports, mpl, esports liburan,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Esports dinilai bisa jadi solusi kegiatan  liburan akhir tahun

Ilustrasi game esports Mobile Premier League (MPL) Indonesia. HO/MPL

Jakarta (ANTARA) - Liburan akhir tahun, Natal dan tahun baru 2021 memang beda dengan sebelumnya setelah terjadi pandemi COVID-19 dan bermain esports dinilai menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan banyak kalangan di rumah.

"Mengisi liburan #dirumahaja tidak harus menjadi sesuatu yang membosankan, justru kesempatan ini dapat menjadi ajang untuk menemukan bakat terpendam kita" kata Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Ridzki menjelaskan selama pandemi membuat ruang lingkup dan gerak terbatas. Absennya kegiatan di luar rumah membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai entertainment utama dalam menghalau kebosanan.

Bermain game khususnya game online, tidak selalu identik dengan hal yang negatif selama disikapi dengan bijaksana. Pilihlah game online yang sesuai dengan minat dan dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan baik itu dari sisi materi maupun edukasi.

Salah satu contoh nya pada platform MPL, selain para pemain dapat mengasah keterampilan bermain, koordinasi tangan, mata dan adu strategi, mereka juga dapat mengumpulkan hasil kemenangan di setiap turnamen yang diikuti menjadi saldo di Gopay/LinkAja.

Tidak hanya game, menurut Ridzki selama pandemi dan liburan olahraga digital atau esports juga terus meningkat. Apalagi banyak kejuaraan baik level nasional maupun internasional digelar dan hadiahnya menjadi daya tarik.

Berdasarkan data Statista ada 50,8 juta pengguna mobile game di 2020 sebagai imbas kebijakan work from home (WFH) dan belajar di rumah sehingga penggunaan dan unduhan aplikasi game online melonjak, bahkan diprediksi meningkat 21,6 persen pada 2025.

Esports adalah istilah untuk sebuah kompetisi permainan video game antar para pemain profesional (pro player) tetapi dalam platform digital. Platform digital membuka kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mengakses esports," kata Ridzki menegaskan.

Selain esports, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah diantaranya update blog pribadi. Blog mungkin sudah banyak ditinggalkan, karena orang-orang beralih ke media sosial yang lebih banyak mengandalkan gambar atau foto. Namun tidak ada salahnya kemampuan kamu menulis dihidupkan lagi.

Berikutnya mendekorasi ulang tata letak di rumah. Saat ini banyak masyarakat yang sudah mencapai titik jenuh terhadap kondisi yang serba terbatas saat pandemi. Maka alangkah baiknya kita menyambut tahun baru dengan semangat dan suasana baru. Salah satu caranya adalah dengan merubah tata letak rumah kita untuk menghilangkan rasa jenuh dengan suasana rumah.

Berkebun juga menjadi solusi. Selama masa pandemi ini kegiatan berkebun merupakan hal yang ramai dibicarakan di media sosial karena ternyata kegiatan berkebun yang dimulai di rumah sendiri, besar kecilnya lahan tidak menjadi penghalang karena saat ini banyak jenis tanaman yang cocok untuk indoor atau semi outdoor.