Nketiah jadi "supersub" antar Arsenal atasi West Ham

id arsenal,west ham,liga inggris,edward nketiah,alexandre lacazette,michail antonio,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, ant

Nketiah jadi "supersub" antar Arsenal atasi West Ham

Penyerang muda Arsenal Edward Nketiah (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol penentu kemenangan atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Sabtu (19/9/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Will Oliver)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang muda Edward Nketiah memainkan peran supersub ketika mengantarkan Arsenal mengatasi West Ham United 2-1 dalam laga pekan kedua Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Pemain jebolan akademi Arsenal itu masuk pada menit ke-77 menggantikan Alexandre Lacazette sebelum mencetak gol kemenangan Arsenal lima menit jelang bubaran waktu normal, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Dani Ceballos yang lolos dari jebakan offside dan memancing kiper Lukasz Fabianski keluar sarangnya, sebelum menyodorkan bola untuk diceploskan mudah oleh Nketiah ke gawang yang tak bertuan.

Sebelumnya, Lacazette membawa Arsenal memimpin pada menit ke-25 lewat golnya dengan menanduk umpan silang Pierre-Emerick Aubameyang dari sisi kiri, yang sempat ditinjau oleh VAR sebelum disahkan.

Bukayo Saka hampir menggandakan keunggulan Arsenal lima menit berselang ketika menerobos ke dalam kotak penalti, tetapi tembakan akhirnya melambung di atas mistar gawang.

West Ham malah menyamakan kedudukan tepat di pengujung babak pertama ketika Ryan Fredericks mengirim umpan tarik yang bisa dijangkau oleh Michail Antonio untuk menjebol gawang tuan rumah.

Anthonio bahkan hampir membuat West Ham berbalik unggul delapan menit setelah sepak lanjut babak kedua, tetapi tembakannya tak sempurna dan bola bisa dijinakkan oleh kiper Bernd Leno.

Lantas pada menit ke-67 giliran mistar gawang yang menyelamatkan Arsenal, setelah bola sundulan Antonio sudah tak mampu dijangkau Leno.

Melihat situasi itu, Mikel Arteta memutuskan menurunkan Nketiah menggantikan Lacazette pada menit ke-77, yang belakangan terbukti jadi strategi jitu untuk menjaga awal musim sempurna Arsenal.

Kendati menang, Arsenal tertahan di urutan kedua klasemen di bawah Everton, sebab kalah agresivitas gol sementara, walau kedua tim sama-sama mengoleksi enam poin. Sedangkan West Ham (0) tak beranjak dari urutan ke-18.

Kedua tim akan main di putaran ketiga Piala Liga pada Selasa (22/9) dan Rabu (23/9), saat West Ham menjamu Hull City diikuti Arsenal bertandang ke markas Leicester City.

Sedangkan untuk pekan ketiga Liga Inggris, Arsenal bakal melawat ke markas juara bertahan Liverpool pada Senin (28/9), sehari setelah West Ham menjamu Wolverhampton.



Susunan pemain:

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Dani Ceballos, Granit Xhaka, Bukayo Saka (David Luiz); Willian (Nicolas Pepe), Alexandre Lacazette (Edward Nketiah), Pierre-Emerick Aubameyang
Pelatih: Mikel Arteta

West Ham United (4-2-3-1): Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Tomas Soucek, Declan Rice; Jarrod Bowen (Andriy Yarmolenko), Pablo Fornalds, Arthur Masuaku (Felipe Anderson); Michail Antonio
Pelatih: David Moyes