Warga Desa Pusar OKU hibahkan lahan untuk pembangunan objek wisata

id objek wisata alam, Bukit Katung Desa Pusar, Dinas Pariwisata OKU,baturaja,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sum

Warga Desa Pusar OKU hibahkan lahan  untuk pembangunan objek wisata

Ilustrasi objek wisata air terjun (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Sejumlah warga Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menghibahkan lahan untuk pembangunan objek wisata alam Bukit Katung.

"Kami sangat mendukung adanya wacana pemerintah untuk membangun objek wisata alam di desa kami ini," kata Tanzil, warga Desa Pusar, Ogan Komering Ulu (OKU), salah seorang pemilik lahan di kawasan Bukit Katung di Baturaja, Rabu.

Bahkan, sebagai bentuk dukungan tersebut ia dan enam orang warga yang memiliki lahan di Bukit Katung merelakan kebun mereka dijadikan kawasan objek wisata alam.

Hal tersebut dilakukan agar kawasan Bukit Katung nantinya ramai dikunjungi wisatawan sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Baca juga: Dinas Perkim OKU manfaatkan DAS menjadi lokasi wisata

"Kawasan tersebut sudah kami bersihkan dengan cara bergotong royong bersama warga lainnya," ungkapnya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pusar, Garsubi menambahkan pemerintah desa setempat berinisiatif menjadikan Bukit Katung ini menjadi objek wisata alam karena memiliki pemandangan yang tak kalah cantik dengan objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten OKU.

"Dengan lokasi perbukitan, air terjun dan goa membuat Bukit Katung ini cocok dijadikan objek wisata alam," kata dia.

Baca juga: Objek wisata OKU mulai dibuka

Oleh sebab itu, ia berharap adanya perhatian dari pemerintah daerah dan desa setempat agar dapat menganggarkan dana untuk pembangunannya.

"Karena untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan anggaran. Kami berharap dapat dianggarkan pembangunannya melalui dinas terkait atau dana desa setempat," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata OKU, Imron HS secara terpisah menuturkan untuk menambah daya tarik di Bukit Katung, akan dibangun fasilitas wisata pendukung yang instagramable seperti rumah pohon serta jembatan pantau dengan latar pemandangan kota.

"Insya Allah nanti kita jadikan wisata layak instagram supaya menarik wisatawan berkunjung," kata Imron.

Menurut dia, kawasan Bukit Katung ini memiliki beberapa keunggulan antara lain, wisata alam yang mengajak pengunjung berpetualang di atas ketinggian 750 meter di atas permukaan laut.

"Selain itu, keunikan dan misteri Kubangan Naga yang ada di kawasan tersebut menambah daya tariknya. Untuk ke lokasi Bukit Katung juga sangat dekat hanya lima kilometer dari Kota Baturaja," ungkapnya.*