Sejumlah Rumah Sakit di Baturaja belum buka jam besuk pasien

id Jam besuk pasien, rumah sakit Baturaja, masih di evaluasi, antisipasi kerumunan

Sejumlah Rumah Sakit di Baturaja belum buka jam besuk pasien

RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Kabupaten OKU belum menentukan jam besuk pasien. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Sejumlah rumah sakit di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan belum membuka jam besuk pasien yang menjalani perawatan ditengah pandemi COVID-19.

"Untuk di RSUD kami ini belum membuka layanan jam besuk pasien," kata Juru Bicara RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Hadi Sukanto di Baturaja, Sabtu.

Dia menuturkan, meskipun saat ini Kabupaten OKU dinyatakan zona hijau kasus COVID-19, namun pihaknya belum menentukan jam besukan bagi pasien yang dirawat di rumah sakit setempat.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih mengkaji terkait standar untuk layanan jam besuk pasca zona merah.

Dia menjelaskan, pihaknya akan mengevaluasi jam besuk pasien sebelum diterapkan agar tidak terjadi kerumunan orang dalam jumlah banyak di rumah sakit setempat guna memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah itu.

"Saat ini proses evaluasi sedang berlangsung. Untuk layanan poliklinik sekarang semuanya sudah dibuka," ujar dia.

Hal senada diungkapkan Kepala Rumah Sakit RS Dr Noesmir Baturaja, Hengki Irawan M secara terpisah menambahkan saat ini pihaknya sedang mengevaluasi terkait jam besuk pasien di rumah sakit setempat.

"Jam besuk pasien masih dirapatkan agar nantinya tidak terjadi penumpukan pengunjung," kata dia.

Hanya saja, lanjut dia, saat ini pihak rumah sakit memperbolehkan pengunjung keluarga dari luar kota yang membesuk pasien dengan menerapakan protokol kesehatan.

"Tapi jumlah pengunjung dibatasi maksimal dua orang masuk secara bergantian," ujarnya.