Gugus Tugas COVID-19 Sumsel ingatkan penjual dan pembeli di pasar pakai masker

id Jubir COVID-19 Sumsel,Jubir Sumsel minta penjual pakai masker,penjual di pasar pakai masker,masker,penjual masker

Gugus Tugas COVID-19 Sumsel ingatkan penjual dan pembeli di pasar pakai masker

Jubir COVID-19 Sumsel Yusri (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel)

Kepada Masyarakat Sumsel tetap menjalankan anjuran pemerintah dengan menjaga jarak serta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan diusahakan di rumah saja
Palembang (ANTARA) - Juru bicara Gugus tugas percepatan penanganan COVID 19 di Provinsi Sumatera Selatan Yusri mengingatkan penjual dan pembeli di pasar tradisional setempat memakai masker terutama saat bertransaksi.

Hal ini karena penyebaran COVID -19 akibat tidak menjaga jarak dan menggunakan masker, kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumsel  dalam keterangan tertulis yang diiterima di Palembang, Kamis.

Oleh karena itu pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penularan wabah COVID-19, sehingga dapat secepatnya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Menurut dia, penyebaran virus yang terus terjadi disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan COVID, seperti membiasakan diri memakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak saat berkomunikasi dengan orang lain.

Baca juga: Update 6 Mei: Positif terinfeksi COVID-19 di Sumsel tembus 200 kasus, terbanyak dari Palembang

Baca juga: BBLK Palembang naikkan kapasitas uji swab 245 sampel per hari


Pihaknya mengingatkan agar masyarakat Sumsel selalu menjaga jarak di setiap aktivitas maupun saat berada di pasar tradisional sekaligus menggunakan masker.

Selain itu tetap di rumah saja bila tidak ada kepentingan mendesak untuk memutus rantai penyebaran corona.

Apalagi saat ini orang terkena corona ada yang tidak ada gejala sehingga harus selalu waspada.

Dia juga berharap, kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat tersebut tidak hanya dilakukan saat wabah COVID -19 masih ada, tetapi juga diteruskan dan menjadi budaya masyarakat secara utuh.

"Kepada Masyarakat Sumsel tetap menjalankan anjuran pemerintah dengan menjaga jarak serta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan diusahakan di rumah saja,” ujar dia.

Sebebagaima diketahui hingga kemaren total ODP sebanyak 4.414 orang, PDP ada 280 orang, dari Sampel yang diperiksa sebanyak 1235 sampel.

Bahkan kemaren ada penambahan pasien positif 11 orang yang dimana merupakan kasus dari Palembang 7 orang Ogan Komering Ilir 2 orang dan Ogan Ilir 2 orang, tambah dia.

Baca juga: Ombudsman Sumsel buka pengaduan terkait bantuan sosial via daring