359 ABK kapal pesiar MV Explorer Dream tiba di Tanjung Priok

id MV Explorer Dream,Tanjung Priok,kogabwilhan I,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

359 ABK kapal pesiar MV Explorer Dream tiba di Tanjung Priok

Dokumentasi sejumlah ABK World Dream turun dari KRI Semarang usai tiba di dermaga Komando Lintas Laut Militer TNI AL, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). ANTARA FOTO/Aditya P Putra

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 359 orang WNI yang bekerja sebagai ABK di kapal pesiar MV Explorer Dream tiba dan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, ratusan WNI ABK itu langsung menjalani protokol pemeriksaan Covid-19, di antaranya diukur temperatur tubuhnya dan sebagainya.

"Sekarang (pemeriksaan) sedang berlangsung di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Priok," ujar Panglima Komando Wilayah Pertahanan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, ratusan ABK yang sedang menjalani protokol pemeriksaan Covid-19 itu tiba sekitar pukul 09.19 WIB di Pelabuhan Tanjung Priok.

Sebelumnya, mereka terlebih dulu menjalani isolasi mandiri di Langkawi, Malaysia. Mereka juga sudah menjalani rapid test namun hingga saat ini belum ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Margono belum memastikan apakah ada di antara mereka yang sudah terpapar virus Corona jenis baru itu.

Namun, berdasarkan protokol kesehatan yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, setiap WNI yang baru saja kembali dari luar negeri wajib menjalani isolasi mandiri dan rapid test.

Oleh karena itu, prosedur tetap harus dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada ataupun untuk melihat dari 359 ABK itu, ada atau tidak yang sudah terpapar Covid-19.

Adapun evakuasi ABK MV Explorer Dream adalah upaya dari Kementerian Luar Negeri untuk menjemput WNI yang berada di kapal pesiar luar negeri.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar