Pelaku perdagangan kulit harimau ditangkap di Jambi

id kulit harimau,perdagangan kulit harimau,polisi amankan kulit harimau,harimau sumatera,perburuan harimau

Pelaku perdagangan kulit harimau ditangkap di Jambi

Kulit harimau yang berhasil diamankan dari pelaku Tendi alias Seng Seng (33) warga Kota Jambi. (ANTARA/HO)

Jambi (ANTARA) - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi bersama anggota Reskrim Polresta mengamankan Fendi alias Tendi alias Seng Seng (33) warga Kelurahan Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi yang memperdagangan kulit harimau sumatera atau phantera tigris sumatrae.

Kasus ini terungkap setelah tim menelusuri adanya informasi pelaku atau tersangka Seng Seng memperdagangkan bagian-bagian satwa dilindungi melalui media sosial di antaranya potongan kulit harimau, tandung kijang dan lainnya, kata Koordinator Polisi Hutan BKSDA Jambi, Jefriyanto, Selasa.

Pelaku diamankan oleh tim gabungan Polresta dan BKSDA pada Jumat lalu (24/4) di daerah Kelurahan Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi sekitar pukul 14.30 WIB.

"Iya tim dari BKSDA ada kita kerja sama dengan pihak polisi mengamankan yang bersangkutan setelah diselidiki dan ditemukan keberadaannya oleh kepolisian," kata Jefriyanto.

Dari tangan pelaku Tendi adapun barang bukti yang diamankan berupa beberapa bagian potongan hewan yang dilindungi seperti kulit harimau sumatera termasuk kuku dan taringnya serta potongan tubuh hewan langka lainnya.

Barang lainnya yang diamankan selain kulit harimau, tengkorak kepala kijang dan kambing hutan serta kuku beruang.

Saat ini pelaku sudah ditangkap di Polresta Jambi untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. Pelaku saat ini telah diserahkan ke polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu terpisah Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Suhardi saat dikonfirmasi membenarkan adanya tangkapan tersebut dan masih dalam penyidikan, besok akan kita gelar perkaranya.

Perbuatan pelaku ini melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan menguasai atau memperdagangkan kulit harimau sumatera atau phantera tigris sumatrae.