Bupati OKU imbau masyarakat waspada binatang buas

id Teror harimau,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Bupati OKU imbau  masyarakat waspada binatang buas

Ilustrasi Harimau Sumatera (Antara/HO)

Baturaja (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kuryana Aziz mengimbau masyarakat khususnya di Kecamatan Ulu Ogan tetap waspada terhadap ancaman binatang buas seperti harimau yang diduga telah memasuki wilayah OKU.

"Pekan lalu diperoleh informasi bahwa ancaman harimau liar ini suda muncul di wilayah OKU sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan," kata dia di Baturaja, Selasa.

Dia mengemukakan, kemunculan harimau Sumatera di wilayah OKU ini patut diwaspadai untuk mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa akibat serangan binatang buas tersebut.

"Sebab harimau yang bernama latin Panthrea Tigris Sumatrae ini telah menelan korban jiwa seperti di Lahat, Pagar Alam dan Muaraenim beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Menurut dia, munculnya harimau asli Sumatera ini diduga akibat kondisi rusaknya habitat alam serta tidak seimbangnya ekosistem yang melindungi kehidupan satwa liar tersebut.

"Oleh sebab itulah kita semua harus tetap waspada khususnya bagi masyarakat yang bermukim dekat dengan kawasan hutan lindung," tegasnya.

Ia juga menginstruksikan kepada para camat dan kepala desa beserta perangkat TNI/Polri agar meningkatkan koordinasi pemantauan terhadap munculnya harimau liar tersebut kearah permukiman dan perkebunan penduduk.

"Mudah-mudahan dengan meningkatkan kewaspadaan kita semua dapat terhindar dari ancaman bahaya serangan harimau tersebut," ujarnya.