Polusi suara menghilang sementara saat listrik padam di perumahan

id Listrik padam, black out,PLN,listrik mati,pemadaman listrik bergilir,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Polusi suara menghilang sementara saat listrik padam di perumahan

Perumahan Pondok Pekayon Indah di Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam (4/8/2019), gelap gulita karena aliran listrik PT PLN padam lebih dari 10 jam sejak pukul 11.50 WIB. (ANTARA/Virna P Setyorini)

Bekasi (ANTARA) - Polusi suara di sejumlah perumahan sekitar Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk sementara menghilang setelah aliran listrik dari PT PLN terputus sejak pukul 11.50 WIB hingga Minggu malam.

“Enak sih enggak ada polusi suara. Biasanya 'kan macam-macam suaranya, mulai dari suara televisi, HP, mesin pompa air, mesin kendaraan. Tapi jangan kelamaan kayak gini lah, aktivitas warga jadi terganggu, air juga tinggal sedikit,” kata Kosasih, salah seorang warga di Perumahan Cikas, Bekasi Selatan, Minggu malam.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Perumahan Pondok Pekayon Indah, Kota Bekasi, Minggu malam, sebagian aliran listrik ke rumah warga masih terputus sehingga jalan-jalan perumahan masih gelap gulita.

“Sudah lebih dari 10 jam mati listriknya. Tapi anehnya, kenapa RW sebelah sudah nyala listriknya ya,” kata Sugeng Budiarto, salah seorang warga Pondok Pekayon Indah saat ditemui di Bekasi, Minggu malam.

Menurut Sugeng, aliran listrik di kompleks perumahannya sejak sekitar pukul 11.50 WIB. Hingga pukul 22.45 WIB kawasan perumahannya masih juga gelap gulita, sementara kompleks lain di sekitarnya sudah terang benderang.

“Ya jelas merugikan. Air di tandon rumah sudah habis. Kebetulan pelihara ikan koi di kolam, pompa oksigennya ya mati dari siang tadi, semoga ikannya masih kuat,” ujar Sugeng.

Tidak hanya perumahan Pondok Pekayon Indah yang masih padam aliran listriknya. Perumahan Cikas yang bersebelahan juga terlihat masih gelap hingga pukul 22.18 WIB.

Menurut Kosasih, di Perumahan Cikas, Bekasi Selatan, listrik sudah padam menjelang waktu shalat Dzuhur. Aktivitas warga jadi terganggu.

Ia mengaku menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan tidak jauh dari perumahan pada siang hari saat aliran listrik mulai padam. Namun di malam hari, terpaksa bertahan di dalam rumah, meski merasa tidak nyaman karena udara terasa panas.

Aliran listrik PT PLN terputus di Jabodetabek, danJawa Barat, bahkan hingga ke Jawa Tengah sejak Minggu siang.

Menurut penjelasan PT PLN, penyebab utamanya adalah kelebihan beban listrik di wilayah barat Pulau Jawa khususnya di Jakarta, Bekasi dan Banten.