Pertamina tambah pasokan avtur layani penerbangan haji Indonesia

id Pertamina,haji,Avtur,Bandara,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisat

Pertamina tambah pasokan avtur layani penerbangan haji Indonesia

Ilustrasi. Pengisian bahan bakar avtur ke pesawat oleh armada PT Pertamina (Persero). (Istimewa)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Sumatera Bagian Selatan menambah pasokan bahan bakar avtur sebanyak 3.100 kiloliter dari rata-rata konsumsi normal bulanan untuk menghadapi musim haji tahun 2019.

Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumatera Bagian Selatan Rifky Rakhman Yusuf di Palembang, Minggu, mengatakan penambahan suplai ini untuk mendukung penerbangan 19 kloter haji yang berangkat dari Embarkasi Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

"Guna menunjang operasional, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) SMB II selama musim haji ini juga akan beroperasi 24 jam," kata dia.

Ia mengatakan pengisian bahan bakar pesawat yang melayani jemaah haji rata-rata akan terbang setelah pukul 18.00 hingga 08.00 WIB.

Rifky mengatakan Pertamina akan menyiapkan kebutuhan stok bahan bakar avtur sesuai dengan permintaan armada penerbangan yang akan memberangkatkan para jamaah haji melalui Bandara SMB II Palembang.

Kesiapan produk ini juga didukung dengan keandalan kinerja Kilang Refinery Unit III Plaju yang memproduksi avtur.

Adapun jadwal penerbangan haji tahun ini yang terbang melalui SMB II Palembang, lanjut Rifky, dibagi menjadi dua fase, yaitu fase satu akan dimulai 7 Juli hingga 25 Juli 2019. Kemudian fase dua yaitu periode kepulangan 17 Agustus hingga 4 September 2019.

Rifky menambahkan, DPPU SMB II ini akan melayani pesawat haji berjenis Boeing 747 dengan kapasitas sekitar 450 kursi penumpang yang akan terbang langsung ke Madinah atau Jeddah.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama jumlah jamaah haji yang akan terbang melalui Embarkasi SMB II ini sebanyak 8.199 jamaah.

Untuk mendukung kinerja pengisian bahan bakar avtur ke pesawat, Pertamina juga sudah melakukan penambahan tiga bridger dengan kapasitas 24 kiloliter atau lima bridger 16 kiloliter dengan ketahanan stok di DPPU selama lima hari.

"Pertamina akan terus berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan produk terbaik kepada para jamaah haji agar dapat nyaman menjalankan ibadah hajinya," kata dia.