Raja Ampat jadi daerah studi banding pariwisata bagi daerah lain

id Raja Ampat,Wisata raja ampat, studi banding pariwisata, laut raja ampat, pesona wisata raja ampat

Raja Ampat jadi daerah studi banding pariwisata bagi daerah lain

Destinasi wisata Raja Ampat (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Waisai (ANTARA) - Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, menjadi daerah percontohan bagi daerah lain guna belajar pengelolaan pariwisata berkelanjutan berbasis masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Rabu mengatakan, sudah banyak daerah baik luar maupun dalam Papua yang datang belajar pengelolaan pariwisata kerkelanjutan di Kabupaten Raja Ampat.

Dia menjelaskan, Raja Ampat punya rencana induk pengembangan pariwisata yakni, menjadikan daerah tersebut sebagai destinasi wisata ekologis.

Karena itu, kata dia, semua program pembangunan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Raja Ampat diarahkan kepada konsep pariwisata berkelanjutan.

Menurut dia, pengembangan pariwisata di Indonesia sebagian besar wisata massal, dan akhir-akhir ini banyak daerah yang mulai kembangkan wisata ramah lingkungan atau wisata berkelanjutan.

Kabupaten Raja Ampat telah melakukan konsep pariwisata berkelanjutan sejak awal dan dianggap berhasil oleh daerah lain di Indonesia. Sebab itu, banyak daerah yang datang ke Raja Ampat guna belajar pengelolaan pariwisata berkelanjutan.

Ia menyampaikan, Bali, Manggarai Barat, Sumatera Barat, dan kabupaten tetangga Tambrauw serta Fakfak tahun ini datang ke Raja Ampat guna melakukan studi banding pengelolaan pariwisata berkelanjutan.

"Masyarakat Raja Ampat juga sangat konsisten menjaga alam sehingga program pemerintah daerah tentang pengembangan pariwisata berkelanjutan sejalan dengan masyarakat," ujarnya.