Basarnas selamatkan kapal nelayan terombang ambing di laut Raja Ampat

id basarnas papua barat,laut raja ampat,nelayan terobang ambing,basarnas selamatkan kapal nelayan,kapal nelayan mato mesin

Basarnas selamatkan kapal nelayan terombang ambing di laut Raja Ampat

Tim Basarnas Sorong saat evakuasi nelayan KM Inka Mina yang terombang-ambing di perairan Raja Ampat, Minggu (6/11). (Antara/ HO- Basarnas Sorong)

Sorong (ANTARA) - Tim Basarnas Sorong, Provinsi Papua Barat berhasil menyelamatkan kapal nelayan KM Inka Mina yang terombang-ambing akibat kerusakan mesin di laut Raja Ampat, Minggu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong, Amiruddin mengatakan bahwa setelah menerima laporan peristiwa tersebut pihaknya langsung bergegas menuju lokasi kejadian perairan tanjung mokoi kabupaten Raja Ampat.

Dia mengatakan bahwa guna melakukan evakuasi kapal nelayan tersebut, Basarnas menurunkan kapal pencarian KN SAR Baladewa dengan tim penyelamat.

Menurut dia, saat tim penyelamat.  bersama KN SAR Baladew tiba di lokasi menemukan ABK KM Inka Mina berjumlah 10 orang dalam keadaan baik-baik saja.

Kemudian tim membantu menarik kapal nelayan tersebut ke tempat yang aman atau Pulau terdekat agar tidak terombang-ambing karena arus.

Tim langsung melakukan evakuasi terhadap tujuh ABK ke Sorong. Sedangkan tiga orang ABK tetap berada di kapal untuk menjaga kapal sampai ada bantuan untuk perbaiki mesin kapal.

"Kami temukan KM Inka Mina dalam kondisi terapung dan seluruh ABK dalam kondisi aman dan sehat. Tim kami langsung melakukan evakuasi ABK ke KN SAR Baladewa dan selanjutnya kapal nelayan tersebut ditarik untuk diamankan di pulau senapan," tambah dia.

Editor : Adi Lazuardi