Pecatur Ummi Fisabillah selangkah lagi raih gelar master internasional wanita

id catur Japfa,Ummi Fisabilillah,master internasional wanita,pecatur putri indonesia,turnamen catur internasional

Pecatur Ummi Fisabillah selangkah lagi raih gelar master internasional wanita

WFM Ummi Fisabilillah (dadan ramdani/ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Pecatur Indonesia WFM Ummi Fisabillah yang tengah diproyeksikan meraih gelar Master Intenasional Wanita (WIM), tinggal selangkah lagi meraih norma kedua untuk gelar tersebut setelah kembali meraih satu poin pada babak ketujuh turnamen catur internasional Japfa 2019 di Hotel Grand Inna Yogyakarta, Senin malam.

Satu poin itu diperoleh Ummi setelah menang susah payah dari sesama pecatur Indonesia WFM Monica Putri Wigustira dalam permainan 44 langkah yang memakai pembukaan Prancis.

"Iya, tadi susah banget tembus. Monica juga main bagus dan mungkin karena sering latihan bareng, jadi kita sudah sama-sama tahu permainan masing-masing," kata Ummi.

Dengan tambahan satu poin, koleksi poin Ummi hingga babak ketujuh menjadi 5,5 atau hanya kurang 0,5 poin untuk memenuhi syarat mendapat norma WIM yang kedua. Norma WIM yang pertama didapat Ummi pada JAPFA Chess Festival tahun lalu di Jakarta. Untuk menyandang gelar WIM, Ummi harus meraih tiga kali norma WIM dan itu ia targetkan diraih pada Kejuaraan catur pelajar ASEAN di Solo yang menurut rencana akan diselenggarakan Juli tahun ini.

"Insya Allah nanti Juli di kejuaraan catur pelajar ASEAN. Kalau juara di sana otomatis dapat gelar Woman Master Internasional," kata pecatur putri termuda dalam turnamen catur internasional Japfa 2019 ini.

Walaupun hanya membutuhkan setengah poin lagi untuk mendapat norma WIM dalam turnamen yang masih menyisakan empat babak ini, Ummi menegaskan tidak mau terlena karena lawan-lawan yang akan dihadapi rata-rata lebih berat.

"Saya tetap harus fokus. Istirahat dan mempersiapkan diri untuk pertandingan selanjutnya," kata dara kelahiran 10 Februari 2000 ini.

Selain Ummi, kemenangan juga diraih andalan utama Indonesia WIM Sihite Chelsie Monica Ignesias, juga atas sesama pecatur Indonesia WFM Tammi Nasuha Nurdin. Chelsie yang memegang buah hitam menang di langkah ke-33 dalam permainan pertahanan Spanyol.

Kemenangan ini menjaga asa Chelsie untuk meraih norma WGM. Chelsie membutuhkan tiga poin lagi dari 4 babak tersisa.


Berikut hasil lengkap pertandingan babak 7 kategori WGM:

1. WIM Citra Dewi Ardhiani Anastasia 1/2-1/2 WIM Pujari Rucha
2. IM L'ami Alina 0-1 WGM Gong Qianyun
3. WGM Tsatsalashvili Keti 0-1 IM Milliet Sophie
4. WFM Hanfin Zahra Chumaira Amelia 0-1 WIM Luong Phuong Hanh
5. WFM Nurdin Tammi Nasuha 0-1 WIM Sihite Chelsie Monica Ignesias
6. WFM Monica Putri Wigustira 0-1 WFM Fisabilillah Ummi