Danlanud SMH apresiasi pegawai Asvec bantu penangkapan kurir narkoba

id Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang,Kolonel Pnb Heri Sutrisno,Aviation Security,Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II,berita sumsel, berita palembang,

Danlanud SMH apresiasi pegawai Asvec bantu penangkapan kurir narkoba

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Heri Sutrisno berjabat tangan dengan pengawai Aviation Security (Asvec) Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dalam apel penyerahan sertifikat penghargaan di lapangan Posko Avsec Bandara SMB II Palembang, Senin. (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/Ang/19)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Heri Sutrisno memberikan sertifikat penghargaan ke anggota TNI dan pengawai Aviation Security (Asvec) Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II karena membantu penangkapan kurir narkoba beberapa waktu lalu.

Penyerahan penghargaan diberikan kepada enam orang, yakni seorang anggota TNI AU dan lima pegawai Asvec dalam apel di lapangan Posko Avsec Bandara SMB II Palembang, Senin.

Keenam penerima penghargaan itu, Serda Raden M. Zulkarnaen (TNI AU), dan lima pengawai Asvec, yakni Humaidi, Kgs M Iqbal, Agung Suryo Saputro, Abdul Latif, dan Dendi Iswanto.

"TNI AU memberikan apresiasi kepada anggota dan pegawai Avsec yang turut menggagalkan penyelundupan. Ini menjadi momentum untuk kita, untuk saling bersinergi karena tidak ada keamanan dapat dicapai tanpa adanya sinergi," kata dia.

Sebelumnya, Personil pangkalan TNI AU Sri Mulyono Helambang (SMH) bersama Avsec Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang berhasil mengagalkan penyelundupan 2,6 kg sabu-sabu, 21 Februari lalu.

Diawali dengan ditangkapnya tersangka Candra yang membawa barang mencurigakan saat masuk area bandara pada Kamis (21/2) pukul 10:30 WIB oleh petugas Asvec.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, tim gabungan menemukan narkoba jenis sabu-sabu sekitar 650 gram. Lalu tim gabungan menyusuri semua lokasi di bandara SMB II Palembang.

Hasilnya ditemukan sabu-sabu sebanyak tiga koli di toilet laki-laki di lantai 2 dengan berat dua kilogram.

Sementara itu, General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Fahroji mengatakan, pihaknya akan terus membangun sinergi dengan Lanud sesuai dengan standar operasional prosedur.

Selain itu, terkait upaya pengamanan di bandara, ia akan menempatkan petugas-petugas khusus di titik-titik krusial yang mampu memahami gerak-gerik mencurigakan kurir narkoba.

"Pegawai kami memiliki keahlian membaca perilaku itu, selain itu kami juga akan memperketat pemeriksaan kartu identitas diri penumpang," kata Fahroji.

Sebelumnya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, Bandara SMB II Palembang saat ini menjadi sasaran jaringan narkoba untuk percobaan pengiriman barang.