Kelurahan di Musi Banyuasin bakal terima bantuan Rp300 juta

id Richard Cahyadi,musi banyuasin,bantuan kelurahan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Kelurahan di Musi Banyuasin bakal terima bantuan Rp300 juta

Bupati Muba Dodi Reza Saat Kunker Ke Kecamatan Sungai Lilin Beberapa Waktu lalu. (Dok.Humas Pemkab Muba)

Sekayu, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Setiap kelurahan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, bakal menerima dana bantuan percepatan pembangunan senilai Rp300 juta dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba Richard Cahyadi di Palembang, Rabu, mengatakan pemerintah pusat menggelontorkan dana melalui dana alokasi umum (DAU) untuk 13 kelurahan di Kabupaten Muba.

"Besarannya Rp300 juta untuk setiap kelurahan dan kemungkinan akan mulai direalisasikan pada awal 2019 mendatang," kata dia.

Dana kelurahan ini diharapkan nantinya bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang belum tercakup oleh pemerintah kabupaten.
Bupati Muba Dodi Reza Alex Mengecek Layanan Publik Di Kantor Camat Sekayu. (Dok.Humas Pemkab Muba)

"Kami masih menunggu juklak dan juknis pengunaan dana tersebut, tapi kemungkinan besar untuk teknis pencairan mengadopsi sistem pencairan dana desa yang akan dilakukan pencairan sebanyak tiga kali," kata dia.

Pencairan bakal dilakukan tiga kali yakni Maret-Juni untuk tahap 1, Juni-Agustus untuk tahap 2, dan Agustus-Oktober untuk tahap 3.

Ia menambahkan, untuk peruntukan penggunaan dana kelurahan nantinya masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan dana kelurahan ini diharapkan dapat menunjang percepatan pembangunan dan pelayanan publik di kelurahan sebagai ujung tombak terdepan tingkat pemerintahan.

"Jadi, melalui dana kelurahan ini nantinya kebutuhan di setiap kelurahan yang ada dapat diakomodasi dengan cepat," ujar dia.

Dodi menambahkan, setiap pihak khususnya masyarakat dapat bersama-sama mengawal pengelolaan dana kelurahan nantinya.

"Pengelolaannya harus transparan dan dapat diawasi secara bersama-sama serta dikawal seperti pengelolaan dana desa," ujar dia.

Kelurahan-kelurahan itu di antaranya di Kecamatan Sekayu adalah Kelurahan Balai Agung, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Serasan Jaya, dan Kelurahan Kayuara, lalu di Kecamatan Sungai Lilin, antara lain Kelurahan Sungai Lilin dan Kelurahan Sungai Lilin Jaya, di Kecamatan Sanga Desa antara lain Kelurahan Ngulak, di Kecamatan Bayung Lincir ada Kelurahan Bayung Lencir dan Kelurahan Bayung Lencir Jaya, di Kecamatan Keluang, yakni Kelurahan Keluang, di Kecamatan Babat Toman ada Kelurahan Babat, Kelurahan Mangun Jaya, dan Kelurahan Pangkalan Jaya.