Hatta Rajasa pesan tiga hal, Alex Noerdin memilih pamit

id Hatta Rajasa,alex noerdin,pelantikan walikota bupati,walikota,bupati,pscc,gubernur sumsel,viral

Hatta Rajasa (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tokoh Nasional asal Sumatera Selatan Hatta Rajasa meminta tujuh kepala daerah di Sumsel yang baru dilantik segera memenuhi janji politiknya masing-masing. 

"Selamat kepada empat wali kota dan tiga bupati yang baru dilantik, cepat-cepatlah bekerja dan tunaikan janji-janji politik pada waktu berkampanye dulu, jadilah pemimpin amanah," kata Hatta Rajasa usai pelantikan di PSCC, Selasa (18/9)

Menurut mantan Menko Perekonomian era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono itu ada tiga hal yang harus diperbuat kepala daerah baru tersebut, pertama meningkatkan rasa keamanan dan kenyamanan di daerah masing-masing, yang kedua para walikota/bupati mesti menegakkan keadilan dengan memahami tatanan hukum sebaik mungkin. 

"Pesan ketiga, bangunlah ekonomi masyarakat agar daerah menjadi terbiasa untuk mandiri dan secara keseluruhan semua kepala daerah di Sumsel harus kompak-kompak bersatu," ujar Hatta Rajasa yang pernah menjadi cawapres pemilu 2014.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengungkapkan kepala daerah yang baru harus mencintai rakyatnya dengan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat merealisasikan program-program pro rakyat serta jangan terlalu sering keluar daerah. 

Selain itu kompetisi antar daerah perlu ditingkatkan, dalam artian ada upaya tiap daerah meraih penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas tercapainya pembangunan yang baik. 

"Dalam empat tahun terakhir, Sumsel sudah dapat 142 penghargaan dari presiden, kementerian, dan lembaga-lembaga tinggi negara, didapatnya semua itu bukan artinya gila penghargaan,  tapi itulah bentuk pengakuan pihak luar terhadap Sumsel, nah wali kota - bupati baru harus berlomba meraih penghargaan," ungkap Alex. 

Pada saat pelantikan pula Alex Noerdin memilih berpamitan kepada masyarakat Sumsel karena rencananya tanggal 21 September mendatang ia tidak lagi menjabat sebagai gubernur sumsel dan akan digantikan Pejabat Sementara sesuai petunjuk Kemendagri. 

"Sudah lebih 40 kali saya melantik walikota - bupati selama 10 tahun memimpin, hari ini saya pamit dan selesai masa tugas, saya berharap semua elemen masyarakat mendukung pemimpin baru nantinya, agar Sumsel terus menjadi lebih baik," tutur Alex.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar