Dinsos OKU berikan penyandang disabilitas pelatihan menjahit

id menjahit,jahit,pelatihann menjahit,berita sumsel,berita palembang,servis telepon genggam,Penyandang Disabilitas

Dinsos OKU berikan penyandang disabilitas pelatihan menjahit

Pelatihan menjahit. (Kementerian tenagakerja)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memberikan pelatihan teori menjahit dan servis telepon genggam, kepada puluhan penyandang disabilitas yang ada di wilayah itu.

"Meskipun keterbatasan fisik namun para penyandang disabilitas ini sangat serius mempraktekan teori yang disampaikan oleh pengajar," kata Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (Dinsos OKU), Syaiful Kamal didampingi Kasi Penyandang Disabilitas, Mulyadi di Baturaja, Selasa.

Dia mengatakan, puluhan penyandang disabilitas yang diberikan pelatihan tersebut berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten OKU.

"Teori yang disampaikan oleh pengajar langsung dipraktekan agar mereka cepat menguasai keahlian tersebut," katanya.

Selain menjahit dan memperbaiki telpon genggam, kata dia, pihaknya juga memberikan pelatihan kerajinan tangan seperti membuat tempat tisu dan tas berbahan dari kardus.

Hasil kerajinan tangan tersebut nantinya akan dijual di pasar dan uang hasil penjualannya untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas itu sendiri.

"Karya seni mereka laku terjual saat pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) di GOR Baturaja beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Dia berharap, penyandang disabilitas tersebut tetap semangat dalam berkarya agar dapat melanjutkan hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun mengalami keterbatasan fisik.

"Karena keterbatasan fisik bukanlah penghalang untuk berkarya dan semangat inilah yang harus dicontoh," ujarnya.