Penduduk miskin di Muratara berkurang tipis

id muratara,kemiskinan,miskin,BPS,bupati muratara

Penduduk miskin di Muratara berkurang tipis

Ilustrasi- permukiman warga miskin. (ANTARA)

....Penurunan angka kemiskinan ini merupakan dampak dari berjalannya program-program penanggulangan kemiskinan yang digalakkan Pemkab Muratara....
Musi Rawas Utara (ANTARA News Sumsel) - Penduduk miskin di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, perlahan mulai berkurang seiring dengan menurunnya persentase angka kemiskinan di daerah tersebut.

"Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Musi Rawas, persentase angka kemiskinan di Muratara tahun 2017 menurun 0,51 persen," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Erwin Syarif di Muara Rupit, Rabu.

Erwin mengungkapkan, tahun 2016 tercatat ada sebanyak 36.460 jiwa warga miskin di Muratara atau sebesar 20 persen dari jumlah penduduk. Namun di tahun 2017 mengalami penurunan sebanyak 0,51 persen menjadi 19,49 persen.

"Penurunan angka kemiskinan ini merupakan dampak dari berjalannya program-program penanggulangan kemiskinan yang digalakkan Pemkab Muratara," ujarnya.

Adapun program yang sudah terlaksana kata dia, seperti pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, pelayanan pendidikan bagi masyarakat miskin, pemberdayaan bagi Komunitas Adat Tertinggal (KAT) atau Suku Anak Dalam (SAD).

Selain itu lanjutnya, ada beberapa program pengembangan industri rumahan, penyediaan air bersih dan MCK bagi masyarakat, serta program-program pro rakyat lainnya.

"Meskipun program-program ini belum optimal, namun perlahan mulai nampak hasilnya, karena penanggulangan kemiskinan ini tidak bisa secara instan seperti membalik telapak tangan, tapi semua itu harus melalui proses yang panjang, dan butuh keselarasan saling dukung antar OPD terkait," katanya.

Sementara itu, Bupati Muratara Syarif Hidayat mengatakan meskipun menurun namun dirinya menyadari angka kemiskinan di Muratara masih sangat tinggi dan juga Muratara belum terlepas dari status daerah tertinggal.

Akan tetapi kata dia, dengan semangat yang tinggi, pemerintah daerah Muratara beserta jajarannya tetap berkomitmen untuk terus menekan angka kemiskinan dan melepas status daerah tertinggal.

"Insya Allah dengan sinergitas dan soliditas semua OPD di lingkungan Pemda Muratara, kemiskinan penduduk dan ketertinggalan kita ini akan kita tuntaskan," ujarnya.