Jelang Asian Games, Homestay diminta berbenah

id Homestay,Hotel,Pariwisata,Asian games

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga mengisi materi dalam Workshop pengelolaan Homestay di Palembang, Senin (9/7/18). (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Banyaknya penginapan atau homestay di Palembang dianggap belum maksimal mendukung sektor pariwisata. Saat ini, baru terdaftar 28 homestay di Palembang yang kualitas dan pelayanannya masih belum standar dan masih butuh perbaikan pemerintah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga mengatakan, pengusaha homestay di Palembang harus mengambil peluang dihelatnya pesta olahraga Asian Games 2018.

"Kebutuhan penginapan untuk atlet dan official peserta Asian Games serta penonton dari luar kota saya yakin akan mengalami peningkatan tinggi. Jumlah kamar hotel di Palembang mencapai 6.400 kamar masih kurang mengakomodir kebutuhan," ujar Irene di Palembang, Senin.

Ia menambahkan, semua hotel sudah penuh dipesan kontingen Asian Games dari berbagai negara. Sementara untuk tamu undangan serta wisatawan sudah kesulitan untuk membooking kamar. Peluang inilah yang menurutnya harus bisa ditangkap oleh pelaku industri homestay.

Ia juga menjelaskan, Asian Games 2018 akan menyedot belasan ribu wisatawan ke Palembang. Ada lebih dari 1.500 media dan 4.500 atlet dan penonton dari seluruh negara peserta Asian Games akan hadir di Palembang.

“Jadi jangan hanya hotel saja yang kebagian rezeki. Tapi juga homestay yang pemiliknya merupakan warga lokal bisa mendapat manfaat dari Asian Games,” katanya.

 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar