Pangdam II/Sriwijaya ingatkan jaga TN Way Kambas

id pangdam, pangdam II, pangdam sriwijaya, tnwk, taman nasiional way kambas, Mayjen Anto Mukti Putranto

Pangdam II/Sriwijaya ingatkan jaga TN Way Kambas

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI A.M. Putranto (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/17)

Lampung Timur (ANTARA Sumsel) - Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto mengingatkan semua pihak untuk menjaga kelestarian Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur.

"Hutan TNWK harus dijaga, semua punya tanggung jawab moral di sini, jangan sampai makhluk di alam di sini mati karena ulah manusia," kata dia, saat mengunjungi TNWK, di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Jumat.

Pangdam juga berpesan kepada pemkab setempat untuk memperhatikan kesejahteraan para pawang gajah karena dengan begitu pawang gajah akan lebih menyayangi gajah asuhannya.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen AM Putranto bersama sejumlah alumni AKABRI 1987 beserta keluarga melihat secara langsung badak sumatera bercula dua di pusat penangkaran badak sumatera dan menyaksikan atraksi gajah jinak Way Kambas.

Kepada media, Mayjen AM Putranto mengaku ke TNWK untuk berlibur sekaligus mempromosikan potensi wisata yang ada di Provinsi Lampung.

Dia mengungkapkan baru pertama kali mengunjungi TNWK dan terkesan dengan hutan dan gajah jinak di Pusat Latihan Gajah Way Kambas ini.

Pengelola TNWK menyuguhkan atraksi gajah jinak Way Kambas, di antaranya melakukan tebak angka, memutar tonggak, jumping up, menendang bola, joget dangdut, dan gajah merayap ala tentara.

Turut mendampingi Mayjen AM Putranto, Danrem 043/Garuda Hitam Lampung Kol Inf Hadi Basuki, Dandim 0411/Lampung Tengah Letkol Inf Jajang Kurniawan, Dandim 0427/Way Kanan Letkol Inf Uchi Cambayong, Wakapolres Lampung Timur Kompol Rahmadi Hasbi, dan disambut Asisten III Pemkab Lampung Timur Wan Ruslan.   (MS*T013)