Ibu Negara Serbia buka promosi kuliner Indonesia

id Dragisa Nikolic, kuliner, promosi kuliner indonesia serbia, kuliner indonesia

Ibu Negara Serbia buka promosi kuliner Indonesia

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Serbia (ANTARA Sumsel) - Ibu Negara Serbia, Mrs. Dragisa Nikolic, meresmikan promosi kuliner Indonesia rangkaian dari pameran pariwisata ke-36 International Fair of Tourism (IFT) di Restoran Crowne Plaza, Serbia, Selasa malam.

Sebelumnya  Dubes RI untuk Serbia, Semuel Samson mengatakan partisipasi Indonesia sebagai mitra penyelenggara pameran pariwisata dan digelarnya promosi kuliner Indonesia   menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik dan persahabatan antara  Presiden Josef Broz Tito dan Presiden pertama Indonesia Soekarno yang telah terjalin sejak tahun 1954 lalu.

Dalam sambutannya Ibu Negara Serbia , Dragisa Nikolic,  mengatakan melaluipetualangan kuliner akan dapat membawa Indonesia lebih dekat dengan Serbia dalam bentuk yang berbeda. Dragisa Nikolic yang mencoba mencicipi nasi goreng mengakui seni menyiapkan hidangan perlu penjiwaan sesuai dengan spirit dan geografi dimana suatu penduduk tinggal.

Dalam menyiapkan makanan dengan berbagai bumbu-bumbu yang dimiliki yang tumbuh di suatu wilayah membutuhkan juru masak yang profesional, seperti yang saat ini kita cicipi, ujar Ibu Negara Serbia yang juga hadir dalam malam budaya Indonesia .

Wakil Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr Sapta Nirwandar mengatakan Indonesia terus berupaya memperkenalkan kulinernya ke berbagai negara termasuk ke Serbia.

"Kita berupaya memperkenalkan kuliner Indonesia  ke Serbia diantaranya langsung ke Ibu negara Serbia yang  impres dengan kuliner Indonesia," ujar Sapta Nirwandar dan menambahkan bahwa Ibu negara sempat mencoba nasi goreng dan Rendang Padang.

Menurut Sapta, Indonesia kaya akan kuliner, tercatat lebih dari 5600 resep makanan dari berbagai daerah. "Ini kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan kuliner dalam berbagai event diantaranya di pameran pariwisata."

Diakuinya Indonesia tertinggal dari negara di Eropa dalam mempromosikan kuliner, seperti yang dilakukan Jepang, " siapa yang tidak tahu dengan sushi, atau masakan Thailand dan China.

Selama ini Indonesia  belum mengarap kuliner secara serius dan bukan dinilai sebagai suatu industri. Sementara bangsa lain telah memporakporandakan dunia melalui makanan, ujar Wamen lagi.

Promosi kuliner tradisional Indonesia selama minggu dari tanggal 24 Februari hingga 2 Maret mendatang di Hotel Crown Plaza secara khusus menyediakan hidangan Indonesia buffet dengan mendatangkan salah satu koki terkenal di Indonesia Vindex Valentino Tengker, kepala Chef, hotel Darmawangsa di Jakarta yang dikenal sebagai juri utama dalam acara kompetisi kuliner "Master Chef Indonesia.

Chef Vindex Valentino Tengker kepada Antara London, mengatakan seluruh bumbu -bumbu khusus didatangkan dari Indonesia dalam rangka mempromosikan kuliner Indonesia yang saat ini Kementerian Pariwisata dan Industri Ekonomi Kreatif telah menetapkan 30 ikon kuliner Indonesia untuk diperkenalkan ke dunia.

"Saya senang ibu negara sangat menyukai nasi goreng,"  demikian Chef Vindex Valentino Tengker yang dalam pekan promosi mengajak dua pembantu untuk menyiapkan hidangan Indonesia diantaranya rendang dan sate ayam.