Wartawan senior ingatkan jangan jadi "nyamuk" pers

id wartawanb senior muba, anugerah jurnalistik, permata muba, bupati pahri

Wartawan senior ingatkan jangan jadi "nyamuk" pers

Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Pahri Azhari menyerahkan sertifikat kepada media partner Humas Pemkab Muba atas kerjasama yang terjalin dalam pemberitaan pada Malam Anugerah Permata Muba 2013, di Sekayu, Rabu (27/11) malam. (Foto Humas Muba)

....Rekan-rekan yang kini aktif diberbagai media hendaknya mampu memberikan informasi yang berimbang....
Sekayu, Muba (ANTARA Sumsel) - Seorang jurnalis harus bersikap profesional dan jangan menjadi "nyamuk" pers agar mampu menjalankan tugas dan profesinya sebagai kontrol sosial bagi masyarakat, kata wartawan senior Sumatera Selatan H Yusuf Senen.

"Rekan-rekan yang kini aktif diberbagai media hendaknya mampu memberikan informasi yang berimbang, bukan menyajikan informasi yang didasari ini dan itu," kata Yusuf  pada malam Anugerah "Permata Muba" 2013 di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu (27/11) malam.

Menurut dia, jurnalis jangan pernah menjadi nyamuk pers atau istilah sekarang wartawan "amplop". Di Muba ia melihat ada potensi munculnya nyamuk-nyamuk pers. Ini harus diatasi dengan melakukan pembinaan yang merupakan tugas dari pimpinan media. Pemerintah daerah juga harus ikut mendorong upaya tersebut.

Pada era 1970 wartawan belum sebebas seperti saat ini sebab semuanya masih diatur oleh penguasa pada saat itu dalam hal ini pemerintah.

Pada era keterbukaan saat ini, dirinya berharap seorang jurnalis hendaknya mampu mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas.

"Hendaknya peran media selain memberikan informasi yang berimbang kepada penikmat media juga mampu memberikan pendidikan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Bupati Muba H Pahri Azhari mengungkapkan, kerja sama dengan media massa yang telah terjalin selama ini hendaknya terus ditingkatkan.

Selain itu, adanya kritikan yang bersifat membangun dari wartawan merupakan koreksi yang wajib diperbaiki oleh Pemkab Muba. Sebab tanpa kontrol maka arah pembangunan daerah akan sulit berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

"Kami tidak anti dengan kritikan jika memang itu sesuai fakta, dan dalam pemberitaan kami hanya berharap hendaknya sesuai dengan kode etik jurnalistik. Tanpa kritikan maka proses pembangunan sulit berjalan dengan baik," ujarnya dalam sambutan.

Acara malam Anugerah Permata Muba 2013  H Yusuf Senen menerima penghargaan "Life of Achievement" yang diserahkan langsung oleh Bupati Muba Pahri Azhari. Selain itu kepada para jurnalis yang mendukung visi dan misi pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Muba yaitu Permata Muba 2017.

Pahri mengharapkan kegiatan ini dapat terlaksana secara berkelanjutan, dan menjadi forum yang mendekatkan jurnalis dengan pemerintah Kabupaten Muba.

"Penghargaan ini diberikan atas karya terbaik yang dibuat para wartawan di Kabupaten Musi Banyuasin.  Diharapkan melalui Anugerah Permata Muba ini, kawan-kawan jurnalis yang bertugas di Muba akan lebih termotivasi untuk membuat karya berita yang memberikan pencerahan di masyarakat," ujarnya.  (edy)