Kejuaraan senam Asia di Palembang

id kejuaraan senam, asia, jakabaring

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kejuaraan senam aerobik tingkat Asia akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada 17 - 22 Oktober 2012, kata Ketua Harian Pengurus Provinsi Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) Sumsel Dhenie Zainal.

"Pengurus Besar Persani melalui Sekretaris Jenderal Yudi Utomo mengajukan Sumsel sebagai tuan rumah kejuaran Asia, dan disetujui dalam rapat Federation International Gymnastique (FIG) di Jepang pada Februari lalu," kata Dhenie di Palembang, Kamis.

Kejuaraan yang secara reguler digelar FIG itu kemungkinan besar diikuti seluruh negara Asia mengingat senam aerobik termasuk olahraga populer.

"Setidaknya sudah ada lima negara yang memastikan ikut serta, yakni Jepang, China, Mongolia, Korea Selatan, Hongkong, dan Indonesia sendiri selaku tuan rumah," ujar dia.

Negara lain yang berminat mengikuti event itu bisa mendaftar hingga akhir Juli 2012 sementara bagi yang terlambat memberikan konfirmasi pada batas waktu pendaftaran tersebut akan didenda 65 dolar AS oleh FIG.

Selaku tuan rumah, akan memfasilitasi 15 atlet untuk masing-masing negara, bagi peserta yang membawa atlet lebih dari ketentuan diluar tanggung jawab panitia, kata dia.

Sementara dalam kejuaraan senam aerobik Asia, selaku tuan rumah Indonesia mendapatkan kesempatan turun dengan kekuatan penuh untuk tiga nomor (single, double, trio, dan team) dengan menurunkan sejumlah atlet nasional.

Untuk menghadapi event itu, Persani berencana melakukan seleksi nasional untuk menjaring atlet terbaik agar bisa mengukir prestasi gemilang.

Pertandingan tingkat internasional itu akan digelar di Gedung Olahraga Senam Ranau Jakabaring, Palembang, yang merupakan venue SEA Games XXVI tahun 2011.

Arena olahraga itu dilengkapi peralatan latihan dan bertanding dengan standar internasional, seperti peralatan senam artistik, senam ritmik dan senam aerobik.

Sumsel menjadi tuan rumah sejumlah ajang olahraga tingkat dunia setelah sukses menggelar SEA Games XXVI seperti Kejuaraan Dunia Sepak Takraw dan Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik. (ANT/pso-039)