Jumlah peserta Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2024 sesuai target

id Peserta Sriwijaya Ranau, Grand Fondo, grand fondo 2024, srgf, srgf 2024, sesuai target, ajang balapbsepeda, danau ranau

Jumlah peserta Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2024 sesuai target

Objek Wisata Danau Ranau. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Palembang (ANTARA) - Peserta Sriwijaya Ranau Grand Fondo (SRGF)  ke-6 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan  pada 10 Agustus 2024 mencapai 1.500 orang atau sesuai dengan target yang ditetapkan.

"Ajang olahraga bersepeda yang digelar di destinasi wisata Danau Ranau itu diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan untuk meningkatkan kunjungan wisata sekaligus pembinaan olahraga," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, Pemprov Sumsel dan Pemkab OKU Selatan telah membuka pendaftaran peserta sejak 8 Juli dan berakhir pada 8 Agustus 2024 dengan jumlah peserta sesuai target yang berasal dari berbagai daerah di dalam dan luar Sumatera Selatan.

Melihat ajang Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2024 itu dapat menarik banyak peserta dan wisatawan, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian lokal.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah serta semua pihak dan lapisan masyarakat, pelaksanaan SRGF yang memasuki tahun ke enam itu, optimistis bisa menjadi salah satu ajang olahraga unggulan di Sumsel, kata Aufa.

Sebelumnya Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata OKU Selatan Anita Yulianti menjelaskan bahwa SRGF merupakan ajang olahraga sepeda yang dilaksanakan di destinasi wisata Danau Ranau yang merupakan danau terbesar ke dua di Sumatera setelah Danau Toba.

"Ajang tersebut melibatkan seluruh pesepeda dan jenis sepeda baik road bike, MTB, sepeda lipat, ontel, sepeda mini yang bersifat 'cycling for all' sehingga semua bisa ikut dan menikmati keindahan objek wisata Danau Ranau," ujarnya.

Danau Ranau dengan segala keindahannya menjadi salah satu destinasi wisata yang terus dipromosikan kepada masyarakat di Tanah Air dan mancanegara.

Keberadaan danau di perbatasan Sumatera Selatan dengan Lampung itu tidak hanya memberikan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga menjadi tempat berbagai aktivitas menarik bagi para masyarakat seperti ajang SRGF yang kini pelaksanaannya memasuki tahun keenam, jelas Anita.