Kementan pastikan hewan ternak untuk Idul Adha tahun ini aman

id Kementan RI ,Mentan Amran ,Pengecekan Hewan Kurban ,Kabupaten Tangerang ,Idul Adha 2024

Kementan pastikan hewan ternak untuk Idul Adha tahun ini aman

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Azmi Samsul Maarif)

Tangerang (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan hewan kurban yang mencapai 2,06 juta ekor dengan terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh Indonesia untuk Idul Adha 2024 dipastikan aman dan mencukupi.

"Insha Allah aman. Dirjen sudah melapor ke saya, jadi dipastikan aman, jumlahnya juga cukup untuk (Idul Adha)," ucap Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat berkunjung ke Tangerang, Kamis.

Berdasarkan data Direktortar Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), secara nasional, kebutuhan hewan kurban berada pada angka 1,97 juta ekor, dengan ketersediaan mencapai 2,06 juta ekor. Maka ketersediaan hewan kurban tahun ini berpotensi surplus hingga mencapai angka 88 ribu ekor.

Kendati dari data tersebut, dipastikan jumlah ketersediaan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara nasional sangat mencukupi bahkan surplus.

"Jadi untuk persiapan kurban aman, 1 juta cukup, tapi yang terpenting ke depan kami akan kembangkan model peternakan lebih baik," katanya.

Kementerian Pertanian sendiri telah melakukan pemetaan akan kebutuhan berkurban untuk seluruh wilayah Indonesia mulai dari yang defisit hingga surplus produksi peternakan.

Selain itu, pemerintah dalam hal ini siap melakukan intervensi apabila terjadi kekurangan kebutuhan kurban di daerah tertentu dengan cara memobilisasi produksi dari daerah surplus ke wilayah yang defisit.