Okky Madasari: Kurasi buku sastra dalam kurikulum menyesuaikan jenjang

id sastra,kurikulum sastra,sastrawan,kemendikbudristek,okky madasari,berita palembang, berita sumsel

Okky Madasari: Kurasi buku sastra dalam kurikulum menyesuaikan jenjang

Sastrawan sekaligus Tim Kurator Sastra Masuk Kurikulum Okky Madasari. (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi Okky Madasari)

Jakarta (ANTARA) - Sastrawan yang juga Tim Kurator Sastra Masuk Kurikulum Okky Madasari menyampaikan kurasi buku sastra yang digunakan sebagai bahan ajar dalam kurikulum menyesuaikan jenjang.

"Kurasi buku dibagi dalam tiga jenjang (SD, SMP, SMA) untuk menyesuaikan dengan tingkat kemampuan dan tujuan pembelajaran," kata Okky saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Okky menjelaskan proses kurasi buku sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2023, melibatkan 17 kurator yang terdiri dari sastrawan, akademisi, dan guru-guru sekolah.

"Proses kurasi dimulai dengan membuat kriteria pemilihan yang mengikuti tujuan pembelajaran dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Kurikulum Merdeka Belajar. Misalnya, dalam P5 ada tujuan membangun kejujuran, mengenalkan keberagaman, atau menanamkan inovasi, maka kita cari karya sastra yang sesuai untuk digunakan," ujarnya. 

Pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa tahun 2012 kategori fiksi itu menegaskan tujuan kurasi buku sastra yang masuk kurikulum bukan sekadar untuk memilih karya sastra terbaik atau penetapan kanon sastra, bukan juga untuk menentukan buku-buku sastra mana yang wajib dibaca.

"Ini adalah rekomendasi buku-buku yang bisa digunakan sebagai bahan ajar di sekolah sesuai tujuan kurikulum," ucapnya.