Ketiga capres saling respek dalam debat terakhir KPU

id Debat kelima pilpres,Debat ketiga capres,Debat pilpres 2024,Capres anies baswedan,Capres Prabowo Subianto ,Capres Ganjar

Ketiga capres saling respek dalam debat terakhir KPU

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) menyampaikan pandangannya disaksikan capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kanan) saat debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Debat kali ini bertemakan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.

Jakarta (ANTARA) -
Peneliti Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor, mengatakan bahwa ketiga calon presiden (capres) saling respek saat menyampaikan pendapat dalam debat terakhir yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
Ia menjelaskan, ketiga capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo menunjukkan sikap seorang negarawan yang ingin mendorong integrasi dan keteduhan menjelang hari pencoblosan Pilpres 2024 pada 14 Februari.
 
"Masyarakat diajarkan untuk saling respek terhadap lawan bicara, dan saya kira ketiganya membawa keteduhan menjelang hari H pemilihan, sehingga ke depan diharapkan situasinya lebih cooling down (kondusif, red) terkait debat capres terakhir ini," kata Firman kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.
 
Meski begitu, dalam debat terakhir ini, dia tetap melihat ada sejumlah karakteristik yang berbeda dari setiap capres dalam menyampaikan pendapat.
 
Dia mencontohkan Anies yang seperti biasa selalu menawarkan visi dan misi perubahan, mengedepankan langkah kolaboratif pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan, fokus perbaikan sumber daya manusia (SDM), serta mencermati data sebelum mengeksekusi sebuah kebijakan.