Pemkot Palembang terima hibah lahan untuk pemakaman dari PT RMKE

id Pemkot Palembang, terima hibah, hibah, lahan TPU, hibah PT RMKE, rmke, PT RMK Energy Tbk,Sumsel,Batu Baray,Makam,TPU,Jen

Pemkot Palembang terima hibah lahan untuk pemakaman dari PT RMKE

Pemkot Palembang menerima hibah lahan TPU dari PT RMKE.  ANTARA/Yudi Abdullah.

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang Sumatera Selatan menerima hibah lahan seluas 453 M2 untuk tempat pemakaman umum (TPU) dari perusahaan logistik batubara PT RMK Energy Tbk.

"Hibah lahan tersebut diperuntukkan sebagai TPU bagi warga RT-025 dan RT-026 RW-004 Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus," kata Asisten III Pemkot Palembang Alex Ferdinandus di Palembang, Jumat.

Menurut dia, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa memberikan apresiasi dan penghargaan kepada manajemen PT RMK Energy Tbk atas penyerahan lahan TPU yang menjadi salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility - CSR) RMKE.

“Terima kasih kepada PT RMK Energy atas lahan TPU yang diberikan kepada masyarakat. Kami, Pemerintah Kota Palembang berharap PT RMK Energy semakin maju dan seiring perkembangannya, penyaluran program CSR-nya dapat ditingkatkan sehingga penerima manfaat di Kota Palembang semakin luas," kata Alex.

Camat Gandus Jufriansyah pada kesempatan acara penyerahan hibah lahan TPU itu juga menyampaikan terima kasihnya kepada PT RMK Energy.

“Program ini sangat berdampak langsung bagi kebutuhan dasar masyarakat yang kesulitan dalam mengakses taman pemakaman umum karena tingginya harga lahan. Semoga bantuan tersebut menjadi ladang amal dunia akhirat dan berkah bagi perusahaan,”kata Jufriansyah.

General Manager PT RMK Energy Tbk Yombi Wikso Gautama menjelaskan bahwa bantuan lahan TPU itu merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap kebutuhan masyarakat RT- 025 dan RT- 026 Kecamatan Gandus khususnya bidang infrastruktur dan sosial.

Inisiasi program ini merupakan lanjutan dari komunikasi antara perusahaan dengan ketua RT-025 dan RT-026 yang menyampaikan adanya kebutuhan untuk lahan pemakaman.

Dengan adanya bantuan ini setidaknya perusahaan dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan karena dapat memangkas biaya proses pemakaman yang cukup mahal apalagi untuk masyarakat dengan taraf ekonomi lemah.

Sebelumnya, RMKE juga melakukan pembangunan gazebo Masjid Al-Ikhwan, menjalankan program pemeriksaan kesehatan pojok gizi, program pendidikan melalui kelas motivasi siswa MENTARI (Mengajar dan Menata ala RMK Energy) dan program lainnya.

"Selanjutnya perusahaan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur serta aktivitas sosial dan budaya yang berkelanjutan di masyarakat lingkar operasional RMKE," kata Yombi.

Sementara Ketua RT-025 Kecamatan Gandus Mardi mengatakan bahwa ketika ada kedukaan atau warganya yang meninggal dunia, masyarakat mengeluarkan banyak biaya mulai dari proses pengantaran jenazah ke lokasi TPU, proses menyeberangan sungai, biaya gali dan tutup lubang, namun yang paling penting yaitu biaya untuk liang lahat.

“Saat ada keluarga jenazah dengan taraf ekonomi lemah, maka tentu akan kesulitan menyiapkan dana untuk kebutuhan tersebut. Adanya lahan TPU dari PT RMKE ini akan meringankan biaya liang lahat yang bisa mencapai Rp3 juta,” kata  Mardi.