Polisi potong-potong ratusan knalpot brong

id knalpot brong,pemilu 2024

Polisi potong-potong ratusan knalpot brong

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu bersama Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro dan Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama memotong salah satu knalpot brong menggunakan gergaji mesin usai apel dan deklarasi "Jateng Zero Knalpot Brong" di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (14/1/2024). ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas, Jawa Tengah, memusnahkan 296 buah knalpot brong yang diperoleh dalam razia yang dilaksanakan pada periode 1-13 Januari 2024.

Pemusnahan tersebut dilakukan dengan memotong knalpot brong menggunakan gergaji mesin, usai apel dan deklarasi "Jateng Zero Knalpot Brong" di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu, yang diikuti perwakilan pelajar, komunitas otomotif, partai politik peserta Pemilu 2024, tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden, serta berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Saat memberi sambutan dalam apel, Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif dalam rangka pemilu damai pada tahun 2024.

"Acara ini merupakan momentum yang tepat dimana saat ini Polri sedang melaksanakan Operasi Mantap Brata Candi 2024 dan sudah memasuki tahapan kampanye," katanya.

Menjelang masa kampanye terbuka Pemilu 2024, kata dia, di Kabupaten Banyumas masih banyak ditemukan pelanggaran lalu lintas berupa penggunaan knalpot tidak standar atau brong.

Ia mengatakan hal itu merupakan gangguan nyata dan berpotensi menimbulkan konflik sosial antarpendukung partai maupun pendukung calon tertentu, sehingga perlu diantisipasi sejak dini agar tidak terjadi di Kabupaten Banyumas.

"Jauh sebelum pelaksanaan glorifikasi ini, Polresta Banyumas secara masif telah melaksanakan kegiatan kepolisian Cipta Kondisi berupa penertiban penggunaan knalpot tidak standar atau brong agar kamtibmas di wilayah Kabupaten Banyumas tetap kondusif dan terjaga dengan baik," kata Pj Bupati.

Dalam hal ini, kata dia, Polresta Banyumas pada tahun 2022 telah menindak  pelanggaran knalpot brong dan mengamankan barang bukti sejumlah 10.635 buah.

Sementara pada tahun 2023, lanjut dia, Polresta Banyumas mengamankan 4.787 knalpot brong serta pada periode 1-13 Januari 2024 mengamankan 53 unit sepeda motor dan 296 buah knalpot brong.

"Selama kurun waktu tersebut, Polresta Banyumas telah mengamankan knalpot tidak standar atau brong sejumlah 31.193 buah. Pencapaian ini telah membawa Polresta Banyumas menjadi peringkat pertama penindakan pelanggaran lalu lintas terhadap penggunaan knalpot tidak standar atau brong tingkat Polda Jawa Tengah," katanya menjelaskan.