Nilai investasi 2023 di Kabupaten OKU Timur tembus Rp640 miliar

id Nilai investasi, investor, modal asing, Pemkab OKU Timur,investasi sumsel

Nilai investasi 2023 di Kabupaten OKU Timur tembus Rp640 miliar

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah meresmikan operasional Kirana Mini Plant CPO PT Zee Cemerlang Bersaudara di Martapura. ANTARA/Edo Purmana/23

Martapura (ANTARA) - Nilai investasi yang masuk ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) pada tahun 2023 mencapai sebesar Rp640 miliar.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) OKU Timur Sonpiani, di Martapura, Selasa, mengatakan sepanjang tahun 2023 pihaknya mencatat nilai investasi yang masuk ke kabupaten setempat mencapai Rp640 miliar.

Menurut dia, jumlah tersebut melebihi dari target pemerintah sebesar Rp162 miliar pada 2023.

Dia mengatakan pula bahwa dari total investasi itu, ada pemodal asing dan penanam modal dalam negeri yang menanamkan modal di Kabupaten OKU Timur.

Dia merincikan Penanaman Modal Asing (PMA) terbesar yakni PT Laju Perdana Indah (LPI) yang bergerak di perkebunan tebu yang secara berkala mencapai Rp400 miliar.

"Sisanya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) seperti PT Wana Karya bergerak di bidang perkebunan sawit dengan nilai investasi bertambah mencapai Rp10 miliar hingga Desember 2023," katanya lagi.

Dia mengemukakan, untuk menarik minat investor masuk ke OKU Timur, pihaknya menyiapkan beberapa strategi, salah satunya dengan mempermudah dalam pelayanan perizinan.

"Kami juga gencar melakukan promosi tentang iklim investasi di OKU Timur ke luar daerah," katanya lagi.

Selain itu, ujar dia pula, Pemkab OKU Timur menyiapkan kawasan industri di Kecamatan Martapura meliputi Desa Keromongan, Kota Baru Selatan, dan Sumber Jaya.

"Nilai investasi ini diyakini akan terus meningkat. Terlebih lagi tahun ini ada investor baru yang masuk yaitu perusahaan nasional yang membuka mini pabrik CPO sawit di OKU Timur," ujarnya.
Baca juga: Pemprov Sumsel jadikan Summit 2023 untuk menarik investor
Baca juga: Pemprov Sumsel berikan kemudahan berinvestasi




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nilai investasi di Kabupaten OKU Timur Sumsel mencapai Rp640 miliar