Hujan berpotensi guyur mayoritas kota di tengah dan timur Indonesia

id bmkg,cuaca hari ini,prakiraan cuaca,prakiraan cuaca bmkg,siklon tropis 18w,berita palembang, berita sumsel

Hujan berpotensi guyur mayoritas kota di tengah dan timur Indonesia

Ilustrasi - Dua orang pesepeda menembus hujan lebat. (ANTARA/Wahyu Putro)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan berpotensi mengguyur mayoritas kota besar di wilayah tengah dan timur Indonesia dari mulai Pulau Kalimantan, Maluku, hingga Papua.

Prakirawan BMKG Yuni Maharani mengatakan ada bibit siklon tropis 18W di Laut China Selatan dengan kecepatan angin berkisar 20 knot dan tekanan di pusat sebesar 1.003 hektopascal.
 
"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan mampu meningkatkan ketinggian gelombang di sekitar wilayah tersebut," ujarnya dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Sabtu.
 
Di Papua, BMKG memprediksi seluruh kota di Maluku dan Papua berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan di Ternate, Manokwari, Ambon, dan Jayapura.
 
Bergeser ke Pulau Sulawesi, hujan ringan diprediksi turun di Gorontalo, Palu, Makassar, dan juga Mamuju. Hujan sedang di Kendari dan waspada hujan disertai petir ataupun kilat terdapat di Manado.
 
Kemudian beralih ke Pulau Kalimantan, kota-kota besar di sana juga berpotensi turun hujan hari ini. Hujan ringan terdapat di Palangka Raya dan Samarinda.