Luhut sebut Presiden Jokowi piawai bernavigasi kala ekonomi dunia sulit

id Luhut,Jokowi,ekonomi

Luhut sebut Presiden Jokowi piawai bernavigasi kala ekonomi dunia sulit

Dokumentasi - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers saat kegiatan media briefing di Nusa Dua, Badung, Jumat (22/12/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memuji kepiawaian Presiden Joko Widodo dalam memimpin navigasi di tengah kompleksitas ekonomi dunia.

“Semua orang mengapresiasi Presiden Joko Widodo itu mampu bernavigasi di dalam ekonomi dunia yang sulit ini,” kata Luhut dalam keterangan di Jakarta, sebagaimana dikutip Sabtu. .

Luhut, yang memiliki pengalaman selama hampir 10 tahun bersama Presiden Jokowi, mengungkapkan pandangan positifnya terhadap kepemimpinan Jokowi, terutama dalam menghadapi tantangan global, seperti penanganan pandemi COVID-19.

Menurut Luhut, kepiawaian Presiden Jokowi menjadi kunci sukses pemerintahan, terutama selama tiga atau empat tahun terakhir. Kendati menghadapi sejumlah kendala, termasuk dampak pandemi global dan tantangan ekonomi, Presiden Jokowi dinilai mampu mengatasi dengan keputusan yang tepat.

 

Luhut menilai bahwa data dan saran-saran yang disiapkan oleh tim pembantu Presiden menjadi pondasi yang kuat untuk kebijakan yang dieksekusi dengan baik oleh Presiden Jokowi.

“Kenapa itu bisa? Karena data-data yang disampaikan, disiapkan oleh kami pembantu presiden. Dan saran saran, beliau (Jokowi) dengarkan dengan baik, dan beliau (Jokowi) eksekusi dengan baik,” ucap Luhut.

Eks Kepala Kantor Staf Kepresidenan itu berharap agar pengganti Presiden Jokowi mampu melanjutkan kepemimpinan dengan kesuksesan yang sama. Dalam konteks peralihan kepemimpinan, Luhut menilai pentingnya kemampuan mendengar dan bertanggung jawab sebagai sifat yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin masa depan.

“Saya lihat beliau (Jokowi) orang yang mau mendengar dan berani juga bertanggung jawab. Saya pikir suatu hal yang penting dan juga nanti komandan-komandan atau presiden yang akan datang memiliki dua sifat yang sama ini,” tambah Luhut.

Dalam kesempatan itu, Luhut mengajak presiden yang akan datang untuk bersatu menghadapi tantangan kompleks yang dihadapi Indonesia terutama pertumbuhan ekonomi yang ditarget hingga 6 persen dalam 5 atau 6 tahun ke depan demi mencapai bonus demografi di 2045.

Dia menegaskan pentingnya kesatuan dan kerja sama. Dengan keyakinannya yang semakin meningkat, ia mengajak semua pihak untuk memahami bahwa perubahan yang diperlukan tidaklah mudah dan membutuhkan keterlibatan semua pihak secara kompak.

Baca juga: Luhut dukung pemimpin muda pada Pilpres 2024
Baca juga: Jubir ungkap Luhut sudah mulai kembali aktif kerja
Baca juga: Mantan Menkeu sebut konflik Timteng sebabkan risiko ekonomi bagi RI




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Luhut sebut Jokowi piawai bernavigasi saat ekonomi dunia sulit