Andika Perkasa khawatir data pemilih yang dibobol dapat intervensi KPU

id Pemilu 2024, pembobolan data pemilu 2024, kebocoran data KPU, Pilpres 2024, Ganjar, Mahfud, Andika Perkasa,berita sumsel, berita palembang

Andika Perkasa khawatir data pemilih yang dibobol dapat intervensi KPU

Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Muhammad Mahfud Md Andika Perkasa (kiri) mengomentari dugaan pembobolan data pemilih milik KPU saat ditemui di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Muhammad Mahfud Md Andika Perkasa khawatir data pemilih yang dibobol pada situs resmi Komisi Pemilihan Umum (kpu.go.id) dapat digunakan oleh pembajak untuk mendorong intervensi apapun ketetapan yang dibuat KPU terkait Pemilu 2024.

"Cyber security bricks ini kan diduga sudah terjadi, yang paling penting bagi kami sebagai salah satu peserta dalam pemilihan presiden kali ini adalah bagaimana troubleshooting dari KPU yang juga harus bisa dijelaskan secara detail mengenai langkah-langkah, sehingga data yang sudah terambil ini tidak bisa digunakan untuk misalnya mengintervensi apapun keputusan KPU sendiri nantinya, khususnya yang berhubungan dengan digital," kata Andika saat ditemui usai mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, perhatian publik tertuju pada peretas anonim bernama "Jimbo" yang mengklaim telah meretas situs KPU dan mengakses data pemilih dari situs tersebut.

Akun tersebut membagikan 500 ribu data contoh dalam satu unggahan di situs BreachForums. Situs tersebut biasanya digunakan untuk menjual data-data hasil peretasan.
 
Jimbo juga memverifikasi kebenaran data dengan beberapa tangkapan layar dari situs cekdptonline.kpu.go.id.