BI dan TNI AL susuri Sungai Musi layani penukaran uang

id Bank Indonesia ,Danlanal ,TNI,Rupiah

BI dan TNI AL susuri Sungai Musi layani penukaran uang

TNI AL dan Bank Indonesia susuri Sungai Musi beri pelayanan tukar uang rupiah (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut  menyusuri perairan Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan, untuk memberikan pelayanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Sungai Musi Kota Palembang itu dihadiri langsung oleh Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, Sabtu.
 
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelayanan penukaran uang rupiah tersebut merupakan sinergi wujud kerja sama TNI AL dan Bank Indonesia.
 
Susur Sungai Musi kali ini merupakan etape yang ketiga kalinya dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan pada Februari 2023 dan April 2023.
 
"Pelayanan susur sungai ini penting untuk memberikan layanan penukaran uang rupiah yang layak edar," katanya.
 
Ia menambahkan penukaran uang rupiah ini juga merupakan cerminan betapa pentingnya rupiah untuk kekuatan ekonomi bangsa.
 
 
Kemudian layanan penukaran uang ini menjangkau wilayah (tiga T) yakni wilayah tertinggal, terdepan dan terluar.
 
"Meskipun di Sumsel khususnya Kota Palembang tidak ada wilayah tiga T, namun usulan dari Bank Indonesia ini mampu menjangkau wilayah yang membutuhkan perhatian khusus dari instansi pusat," katanya.
 
Menurutnya, langkah proaktif layanan kas keliling ini sangat penting untuk menciptakan ekonomi sehat bagi masyarakat di sekitar perairan Sungai Musi.
 
Kegiatan layanan ini digelar selama dua hari mulai Sabtu 18 November hingga Minggu 19 November 2023.
 
Ia meminta semua personel TNI AL untuk mengutamakan keselamatan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.
 
Sementara Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti di Palembang, Sabtu, mengatakan alat tukar berupa uang harus ada tata kelola yang baik.
 
Guna menggapai cermin kedaulatan rupiah Bank Indonesia sengaja bersinergi menjaga kedaulatan kewibawaan rupiah di Indonesia.
 
Bank Indonesia mempunyai prinsip inklusif dan quality yang sangat membutuhkan dukungan harus bisa mencapai semua wilayah dan masyarakat yang ada di Indonesia terutama wilayah (tiga T).
 
"Melalui program cinta bangga paham rupiah ini bagian untuk memenuhi program bahwa rupiah harus mencapai semua masyarakat Indonesia," katanya.
 
"Terima kasih kepada TNI AL karena susur Sungai Musi yang sangat besar ini sangat banyak wilayah yang masyarakat nya butuh rupiah dan sulit didapatkan ke daratan," katanya.
 
Menurutnya, program susur Sungai Musi mampu meningkatkan inklusivitas dan mendorong warga untuk menggunakan rupiah bahkan dalam bentuk digital.
 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bank Indonesia dan TNI AL susuri Sungai Musi layani penukaran uang