Menyambut senja tanpa ponsel di tapal batas Indonesia - Timor Leste

id PLBN Wini,Voli,Senja,BNPP,NTT,Tapal Batas,berita sumsel, berita palembang Oleh Narda Margaretha Sinambela

Menyambut senja tanpa ponsel di tapal batas Indonesia - Timor Leste

Muda-mudi tengah bermain bola voli di depan pos Satgas Pamtas RI-RDTL, Desa Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (16/11/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Lapangan yang tadinya penuh keceriaan, kini telah sepi. Suara jangkrik pun mulai menyambut senja.
Wini, NTT (ANTARA) - Langit biru perlahan berbaur dengan warna jingga ketika perjalanan tiba di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini, Desa Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (16/11). Matahari telah berada di kaki langit sebagai tanda akan segera kembali ke peristirahatannya setelah seharian menyinari kehidupan di bumi.

Sejenak kemudian, Tim Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengajak menelusuri tiap sudut kawasan perbatasan Indonesia  - Timor Leste di pesisir pantai utara Kabupaten TTU tersebut.

Mabuk darat akibat melintasi jalan berkelok-kelok setelah menempuh perjalanan sekitar 240 kilometer dari Kota Kupang menuju PLBN Wini selama hampir enam jam, seketika sirna. Panorama alamnya yang indah dan tenang, sangat memanjakan mata.

Di salah satu sudut PLBN Wini, terdapat pos Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor-Leste (RI-RDTL) Sektor Barat Yonkav 6/Naga Karimata.

Sementara dari kejauhan terlihat sekelompok muda-mudi tengah bermain voli di lapangan milik pos TNI Angkatan Darat. Mereka mengenakan kaos, celana pendek, sepatu dan sebagian bahkan bertelanjang kaki. Anak perempuan dan laki-laki berbaur di masing-masing tim.

Semangat mereka bermain bola voli tetap terpancar meski lapangan yang diplester warnanya sudah pudar, tidak mulus lagi. Para personel tentara yang tengah beristirahat,  tampak terhibur menikmati permainan bola voli anak-anak muda itu.

Seorang warga setempat bernama Daniel Keno mengungkapkan sekelompok muda-mudi ini tengah berlatih menjelang pertandingan yang diadakan oleh paroki setempat. Gereja Katolik di bawah naungan Keuskupan disebut paroki. Paroki menggambarkan pembagian wilayah jemaat gereja. Paroki menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daerah (kawasan) penggembalaan umat Katolik yang dikepalai oleh pastor atau imam.