Menhub targetkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat mulai 2024

id sumsel,pelabuhan tanjung carat,menhub ri,pemprov sumsel

Menhub targetkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat mulai 2024

Kapal bersandar di pelabuhan tradisional kawasan Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin, Sumsel. (ANTARA/HO/22)

Palembang (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, dapat mulai dilakukan pada tahun 2024.

Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Sumsel, Minggu, mengatakan apapun yang menjadi kendala yang berkaitan dengan proses administrasi, seperti lahan dan sebagainya diharapkan bisa tuntas dalam waktu dekat, sehingga pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat akan dimulai dan secepatnya beroperasi.

"Tahun depan semuanya akan kami selesaikan, baik itu administrasi, AMDAL, anggaran dan sebagainya. Insya Allah pada tahun 2024 sudah bisa dimulai pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan Pelabuhan Tanjung Carat penting mengingat selama ini seluruh komoditas pertambangan dan urusan logistik lainnya dikirim ke pelabuhan di Lampung.

"Kami juga akan terus mendorong untuk percepatan pelaksanaannya di tingkat kementerian di pusat." ucapnya.

Selain itu, katanya, saat ini banyak investor yang berminat untuk berinvestasi di wilayah Pelabuhan Tanjung Carat, mulai dari bidang curah, padat dan cair dipastikan akan turut berinvestasi.

"Saat ini masih menunggu kepastian dari investor bidang kontainer atau logistik dalam pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat," kata Budi

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengatakan dirinya sepakat untuk merealisasikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat. Sebab, nantinya bisa berdampak positif bagi Sumsel.

"Pada prinsipnya semua program yang masuk ke Sumsel, baik dalam hal kelancaran transportasi dan pelayanan publik, pasti kami dukung. Tadi kami juga membahas berbagai hal, termasuk merealisasikan Pelabuhan Tanjung Carat, apa-apa saja yang harus kita lakukan dan langkah-langkah untuk percepatannya akan dilaksanakan," jelasnya

Fatoni mengatakan rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat harus dilakukan secara optimal. Maka dari itu, instansi terkait diminta melakukan inventarisir untuk percepatannya.

"Kebetulan sekali saya mengikuti pembahasan Pelabuhan Tanjung Carat di kementerian dan tahu mengenai perkembangannya. Semoga pembangunannya bisa segera dilaksanakan dan kami akan melakukan koordinasi secara intens untuk merealisasikannya," kata dia.