350 orang cari peluang di bursa kerja Disnaker OKU Selatan

id Pencari kerja, bursa kerja, lowongan pekerjaan, angka pengangguran, Disnaker OKU

350 orang cari peluang di bursa kerja Disnaker OKU Selatan

Ratusan pencaker serbu bursa kerja, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

OKU Selatan, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 350 orang pencari kerja di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Provinsi Sumatera Selatan mendaftar di bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat.

Kepala Disnaker OKU Selatan Darmawan di Muaradua, Minggu, mengatakan bursa kerja yang digelar di SMK Negeri 1 Kecamatan Buay Sandang Aji tersebut dibuka untuk umum dalam rangka mengurangi angka pengangguran di wilayah itu.

Dia menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu upaya Pemkab OKU Selatan untuk menekan angka pengangguran dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan  pekerjaan yang ditawarkan di bursa kerja tersebut.

"Digelarnya job fair ini berkat kerja sama dengan SMK BKK OKU Selatan," katanya.

Pada hari pendaftaran ini, kata dia, tercatat sebanyak 350 orang pencari kerja mendaftarkan diri di job fair untuk melamar pekerjaan di bidang masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 200 lowongan kerja yang disediakan untuk para pelamar dengan delapan perusahaan yang ambil bagian dalam job fair tersebut.

Mayoritas para pencari kerja adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan perguruan tinggi yang belum memiliki pengalaman kerja.

"Kegiatan ini berlangsung sukses karena jumlah pencari kerja  yang mendaftar memenuhi target," tegasnya.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan di dalam dan luar kabupaten guna merekrut karyawan yang berasal dari masyarakat Kabupaten OKU Selatan.

"Rencananya program ini digelar setiap tahun dengan membuka rekrutmen terbuka yang melibatkan perusahaan-perusahaan dan komunitas pencari kerja dalam rangka mengurangi angka pengangguran di OKU Selatan," ujarnya.