Polda Sumsel gelar lomba PKS cetak pelopor tertib lalu lintas

id Polda Sumsel, ditlantas, lomba PKS, patroli keamanan sekolah, cetak pelopor, pelopr, pelopor tertiblantas

Polda Sumsel gelar lomba PKS cetak pelopor tertib lalu lintas

Polda Sumsel menggelar lomba PKS cetak pelopor tertib lantas. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Selatan menggelar lomba patroli keamanan sekolah (PKS) tingkat provinsi untuk mencetak siswa pelopor tertib lalu lintas di sekolah.

"Ratusan peserta perwakilan dari 17 Polres diharapkan dapat mengikuti lomba dengan baik dan menjadi pelopor berlalu lintas," kata Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhyasastra ketika membuka lomba di Atrium PTC Mal Palembang , Rabu.

Dia menjelaskan, perlombaan tersebut merupakan sebuah kegiatan yang sangat berarti dan memberikan kesempatan bagi siswa-siswi sekolah untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang keamanan dan kepatuhan disiplin berlalu lintas.

Pelaksanaan kegiatan itu merupakan implementasi program kerja dari 10 program unggulan Dikmas Bidang Subdit Kamsel Ditlantas Polda Sumsel.

Kegiatan tersebut juga bertujuan menanamkan serta meningkatkan disiplin berlalu lintas di kalangan pelajar.

Dengan meningkatnya disiplin berlalu lintas di kalangan pelajar, nantinya dapat meminimalkan kasus pelanggaran dan kecelakaan berlalu lintas.

“Patroli keamanan sekolah merupakan salah satu kegiatan di sekolah yang melatih para siswa-siswi untuk melaksanakan pengamanan swakarsa dan menciptakan suatu kegiatan yang positif di lingkungan sekolah," ujarnya.

Dia menjelaskan, PKS dibentuk dan dilatih bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial, serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik.

“PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak sekolah, yakni mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa-siswi di lingkungan sekolah,” ungkapnya.

Anggota PKS ini juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk menyeberangkan saat datang dan pulang dari sekolah, sehingga dapat menjadi pelopor dalam berlalu lintas, serta menjadi mitra dalam mendukung tugas kepolisian.

“Semoga dalam kegiatan ini juga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cinta dan patuh terhadap peraturan lalu lintas,” kata Kombes Pol Pratama.