Lapas Narkotika Muara Beliti tutup program rehabilitasi medis dan sosial 2023

id Lapas Muara Beliti, lapas, Kemenkumham Sumsel, program rehabilitasi, rehabilitasi medis, sosial

Lapas Narkotika Muara Beliti tutup program rehabilitasi medis dan sosial 2023

Lapas Muara Beliti Kemenkumham Sumsel Resmi Tutup Program Rehabilitasi Medis dan Sosial Tahun 2023. (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas II A Muara Beliti Kemenkumham Sumsel resmi menutup program rehabilitasi sosial Tahun Anggaran 2023, kegiatan penutupan berlangsung di Aula Lapas Muara Beliti, Kamis (14/9).

Pada kesempatan itu, Plt Kalapas Narkotika Kelas II Muara Beliti menyampaikan bahwa warga binaan di Lapas Narkotika Muara Beliti berjumlah 757 orang sedangkan kapasitas maksimal hanya 289 orang.

Artinya bahwa Lapas Narkotika Muara Beliti ini, mengalami kelebihan kapasitas atau overload,  lebih kurang 250 persen.

Dengan adanya kelebihan kapasitas tersebut, kami seluruh jajaran petugas terus dituntut untuk bekerja secara profesional, maksimal, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif dalam memberikan pelayanan ekstra dan prima kepada warga binaan, khususnya dalam pembinaan serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Narkotika Muara Beliti. 

"Meskipun kami masih kekurangan dan keterbatasan, namun walaupun demikian, kami akan bekerja secara profesional, maksimal, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif dalam memberikan pelayanan ekstra dan prima kepada warga binaan," jelasnya.

Lebih lanjut, Wahyu Hidayat menjelaskan pada tahun ini, Lapas Narkotika Muara Beliti, ditetapkan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Indonesia sebagai salah satu unit pelaksana teknis pemasyarakatan di lingkungan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumsel.

Sebagai penyelenggara rehabilitasi sosial melalui surat keputusan Dirjen Pas Nomor : Pas 2018 PK Tahun 2022, tentang penetapan UPT  Pemasyarakatan Penyelenggaraan Layanan Rehabilitasi Pemasyarakatan Bagi Tahanan dan Warga Binaan Pecandu, penyalahgunaan serta korban penyalahgunaan narkotika tahun 2023.

Rehabilitas sosial adalah suatu proses kegiatan pemulihan secara terpadu, baik secara fisik mental maupun sosial, agar narapidana narkotika dapat kembali melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Lapas Narkotika Muara Beliti ditunjuk dan diberikan tugas untuk menyelenggarakan penyelenggaraan rehabilitasi dengan jumlah 140 orang residen dalam jangka waktu enam bulan pelaksanaan dengan program anggaran dibebankan kepada Dipa Kemenkumham. 

Pelaksanaan program ini berpedoman dengan undang-undang nomor 12 tahun 1999 yang telah diubah menjadi undang-undang nomor 22 tahun 2022, tentang pemasyarakatan serta merujuk kepada peraturan Kementerian Hukum Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang pelayanan rehabilitasi narkotika bagi tahan dan warga binaan pemasyarakatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami menyadari berbagai macam tantangan serta kendala kelemahan, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak tegangan dan mitra kerja.

"Kami menghadapi tantangan dan kendala tersebut secara bersama-sama dengan baik, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tim rehabilitasi Lapas Narkotika Kelas II A Muar Beliti," ujarnya.

Pimpinan mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh jajaran rehabilitasi sosial kepada mitra kerja pada jajaran Dinas Kesehatan Lubuklinggau-Mura, BNNK Mura, Klinik Asyifa, Institut Agama Islam Al-Azhar, yang telah menugaskan orang terbaik sebagai konselor dan asesor rehabilitasi sosial.

Kepada warga binaan diharapkan terus pertahankan kondisi keberhasilan ini, sehingga kelak dikemudian nanti kembali ke masyarakat kalian dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat.

Kalapas menambahkan, untuk diketahui warga binaan yang mendapatkan rehabilitasi ini telah dilakukan tes urine sebanyak tiga kali yakni tahap pertama dari 140 orang semua dinyatakan negatif, kemudian di pertengahan pelaksanaan program rehab juga dilakukan tes urine dan hasilnya juga tetap negatif, dan terakhir kegiatan juga kembali dilakukan tes urine dan Alhamdulillah akhirnya juga negatif. 

"Sehingga kami merasa bersyukur dan berbangga kepada warga binaan, semoga apa yang kalian dapatkan disini dalam hal positif, bisa dimanfaatkan sehingga kalian akan kembali ke tengah masyarakat sebagai manusia yang baru dengan cita-cita dan harapan yang baru," tuturnya

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Amra Muslimin mengatakan bahwa sangat mengapresiasi telah dilaksanakannya rehabilitasi sosial yang dilakukan oleh Lapas Narkotika Muara Beliti, karena, salah satu bentuk penanggulangan narkoba yang ada di Kabupaten Mura, dengan melakukan pelayanan rehabilitasi bagi pecandu narkoba. 

Dan penyelenggaraan ini dilakukan tidak hanya bagi kecanduan narkoba, akan tetapi juga dilakukan untuk penyalahgunaan narkotika. Serta salah satu langkah pencegahan pemberantasan dan penyalahgunaan gelap narkoba.

"Kami harapkan dapat tercapainya layanan rehabilitasi yang berguna, sehingga memberikan pelayanan untuk meningkatkan dan dirasakan oleh manfaatnya oleh bagi pecandu narkotika. Serta menyambut baik dengan diresmikannya Masjid At-Taubah ini, dan kita khususnya sebagai umat muslim, untuk bersama-sama melaksanakan salat dan kegiatan ibadah lainnya," tutupnya.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya berpesan kepada peserta rehab untuk menjauhi narkoba, ia juga berharap kegiatan rehabilitasi narkotika ini dapat dirasakan manfaatnya dan bukan hanya bersifat kegiatan seremonial belaka.

“Semoga pelaksanaan program rehabilitasi ini dapat membantu produktivitas warga binaan, memberikan wawasan kepada warga binaan untuk selalu menjauhi narkoba serta mempersiapkan warga binaan untuk siap kembali ke masyarakat setelah bebas,” ujar Ilham Djaya.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Peresmian Masjid At-Taubah, turut hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Amra Muslimin, Pabung Musi Rawas, Mayor Cpm Abdul Wahab, Kepala BNNK Mura, AKBP Abdul Rachman, Kalapas Lubuklinggau, Ika Prihadi Nusantara, Kalapas Surulangun Rawas sekaligus Kabapas, Torkis, Kalapas Empat Lawang, Yosef Leonardo Sihombing beserta pegawai lapas dan warga binaan yang dilakukan rehabilitasi  sosial.