Tim SAR upayakan evakuasi delapan penambang terjebak di tambang emas rakyat

id basarnas cilacap, polresta banyumas, tambang emas,berita sumsel, berita palembang, tambang emas rakyat, Desa Pancurendang,Adah Sudarsa

Tim SAR upayakan evakuasi delapan penambang terjebak di tambang emas rakyat

Tim Basarnas Kantor SAR Cilacap dan Unit Siaga SAR Banyumas berkoordinasi dengan Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu terkait evakuasi terhadap delapan penambang yang terjebak di dalam lubang tambang emas, Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Rabu (26/7/2023). ANTARA/HO-Basarnas Cilacap

Banyumas (ANTARA) - Tim search and rescue (SAR) gabungan yang dikoordinasi Kantor SAR Cilacap melakukan upaya evakuasi terhadap delapan orang penambang yang dilaporkan terjebak di dalam lubang tambang emas rakyat, Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Delapan penambang itu dilaporkan terjebak di dalam lubang tambang sejak hari Selasa (25/7), pukul 23.00 WIB, karena tiba-tiba datang air yang menggenangi area pertambangan," kata Kepala Kantor SAR Cilacap Adah Sudarsa di Banyumas, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan data, delapan penambang yang terjebak itu terdiri atas Cecep Suriyana (29), Rama Abd Rohman (38), Ajat (29), Mad Kholis (32), Marmumin (32), Muhidin (44), Jumadi (33), serta Mulyadi (40) dan seluruhnya berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut dia, pihaknya telah memberangkatkan satu tim penolong Basarnas Kantor SAR Cilacap dan satu tim penolong dari Unit Siaga SAR Banyumas menuju lokasi kejadian dengan membawa berbagai peralatan pertolongan seperti alat selam, detektor gas, dan alat pendukung lainnya.

"Tim dari Kantor SAR Cilacap maupun Unit Siaga SAR itu kami terjunkan untuk operasi pencarian dan pertolongan guna menyelamatkan para penambang yang terjebak di bawah tanah," kata Adah.