BMKG prakirakan hujan mengguyur mayoritas kota besar Indonesia

id bmkg,prakiraan cuaca,cuaca hari ini,laporan cuaca,siklon tropis

BMKG prakirakan hujan mengguyur mayoritas kota besar Indonesia

Pengendara melintas di jalan saat hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (1/11/2021). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia.

Prakirawan BMKG Maria Klaudiana Djiling dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Minggu, mengatakan aktivitas gelombang ekuator outgoing longwave radiation (OLR) dan madden jullion oscillation (MJO) masih berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan di bagian utara Kalimantan.

"Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan terdapat di sebagian wilayah Sumatra, bagian utara Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan sebagian wilayah timur Indonesia," kata Maria.

Di Sumatera, kota-kota masih berpotensi terjadi hujan. Hujan ringan diprakirakan turun di Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bengkulu, dan Bandar Lampung, serta hanya Padang yang diprakirakan mengalami hujan lebat.

Sedangkan, Pekanbaru, Palembang, dan Jambi umumnya cuaca berkabut dengan suhu udara berkisar antara 23 sampai 33 derajat Celcius.