Mata kering tak tertangani dapat merusak permukaan mata

id mata kering,dry eye,JEC,Intense Pulse Light,terapi mata kering,JEC Dry Eye Service,berita sumsel, berita palembang

Mata kering tak tertangani dapat merusak permukaan mata

Ilustrasi (Antara/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis mata dari Universitas Indonesia Dr. dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE mengatakan, mata kering yang tak tertangani dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mata akibat peradangan atau iritasi.

Mata kering merupakan penyakit mata yang disebabkan banyak faktor, yang tanda-tandanya termasuk hilangnya keseimbangan komponen air mata, ketidakstabilan air mata, hingga peningkatan kekentalan atau osmolaritas.

"Adanya kekurangan lapisan air mata dan ketidakstabilan air mata akan menyebabkan terjadinya iritasi, lalu menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi. Inflamasi kemudian akan menyebabkan lagi berkurangnya lapisan air mata, dan lingkaran ini akan berjalan terus," kata Tri  yang merupakan sekaligus Ketua Contact Lens Service JEC Hospitals and Clinics dalam diskusi kesehatan di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, Tri menekankan pentingnya mengenali gejala mata kering agar dapat dilakukan tatalaksana sesegera mungkin, sesuai dengan keluhan, penyebab, dan derajat mata kering, guna mencegah kerusakan pada permukaan mata.