Warga Kabupaten OKU diminta waspadai luapan Sungai Ogan

id Debit sungai, Sungai Ogan, banjir bandang, Polres OKU, posko penanggulangan bencana,Warga Kabupaten OKU Sumsel diminta w

Warga Kabupaten OKU diminta waspadai luapan Sungai Ogan

Personel Polres OKU meninjau debit air Sungai Ogan guna mengantisipasi banjir bandang, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, terutama yang bermukim di bantaran sungai diminta mewaspadai luapan Sungai Ogan yang berpotensi menimbulkan banjir bandang.

"Berdasarkan pantauan anggota kami di perairan wilayah Kecamatan Semidang Aji, debit air Sungai Ogan mulai naik yang dikhawatirkan terjadi banjir bandang, sehingga masyarakat harus waspada," kata Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Senin.

Masyarakat juga diminta mewaspadai aksi pencurian karena kejadian banjir seperti ini tak jarang dimanfaatkan oleh pelaku tindak pidana untuk melancarkan aksinya.

Jika terjadi bencana, masyarakat agar bisa mengevakuasi mandiri seperti menyelamatkan barang elektronik, ternak dan barang berharga lainnya supaya ditempatkan ke lokasi yang aman dan memastikan jika rumah telah terkunci dengan benar jika ditinggalkan.

Selain itu, Kapolres juga mengharapkan agar masyarakat bisa mengungsi ke tempat yang aman jika ketinggian debit air terus bertambah untuk mengantisipasi adanya korban jiwa.