Ibu hamil hati-hati gunakan obat demi mencegah anak lahir cacat

id bkkbn,pemeriksaan ibu hamil,stunting,hari keluarga nasional 2023,berita sumsel, berita palembang,obat ibu hamil,dokter kandungan,Hasto Wardoyo

Ibu hamil hati-hati gunakan obat demi mencegah anak lahir cacat

Ilustrasi. (Pexels.)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meminta seluruh ibu hamil untuk berhati-hati menggunakan berbagai jenis obat-obatan selama masa kehamilan sebagai upaya pencegahan anak lahir cacat.  

“Perencanaan kehamilan dan pemeriksaan rutin itu penting, sebab dapat mencegah stunting dan menghindari bayi lahir dengan bibir sumbing,” kata Hasto yang dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Rabu.  

Menanggapi kondisi para ibu muda yang sedang memasuki kehamilan, Hasto menuturkan pemahaman terkait pentingnya kesiapan untuk menikah dan berumah tangga masih terbilang minim. 

Hal itu dapat terlihat dari seringnya ditemukan ibu tidak mengetahui bila dirinya sedang mengandung. Ketika perut dirasa sedikit sakit, ibu segera meminum obat-obatan seperti tetracycline ataupun antasida tanpa mengetahui bahwa kandungan dalam obat-obatan tersebut berbahaya bagi janin yang dikandungnya.

“Kita harus memberikan pengawalan, saat ini ada ibu hamil mual-mual tapi enggak tahu kalau hamil, minum antasida, itu membuat bibir (anak menjadi) sumbing. Makanya perencanaan kehamilan harus dilakukan oleh pasangan suami istri untuk menghindari bayi lahir stunting dan juga kecacatan,” katnya.