Prestasi kedokteran, RSUD di Riau sukses operasi penyumbatan arteri

id kedokteran, rsud, penyumbatan arteri, indonesia

Prestasi kedokteran, RSUD di Riau sukses operasi penyumbatan arteri

dok.Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - Satu lagi prestasi di dunia kedokteran di Indonesia yang mana melakukan sebuah tindakan operasi penyumbatan arteri yang baru pertama kali dilakukan di tanah air.

RSUD Arifin Achmad menjadi RS pertama kali di Indonesia yang sukses melakukan operasi penyakit buerger disease/penyumbatan arteri pada pembuluh darah yang menyebabkan anggota gerak (tangan/kaki) mengalami kekurangan nutrisi.

Dokter Spesialis Bedah Toraks RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr Hariadi Hatta Sp.BTKv, merupakan penggagas dari operasi ini. Sedangkan tindakan operasi dilakukan oleh dokter Spesialis Ortopedi dr Eko Setiawan Sp.OT.

"Buerger disease adalah penyakit tersumbatnya arteri pada pembuluh darah yang menyebabkan anggota gerak (tangan/kaki) mengalami kekurangan nutrisi. Jika dibiarkan bisa menyebabkan luka, membusuk, dan harus diamputasi," kata Eko Setiawan, di Pekanbaru, Minggu.

Eko Setiawan mengatakan kebanyakan penderita buerger disease memiliki kebiasaan merokok selama bertahun-tahun. Gejalanya yaitu kaki/tangan merasa dingin dan nyeri, perubahan warna kulit, dan terjadi luka yang tak kunjung sembuh yang bisa membusuk.