Pemkab OKU persiapkan area sholat Idul Fitri di Taman Kota

id Sholat Ied, Idul Fitri, Taman Kota Baturaja, sholat berjamaah, Pemkab OKU,OKU siapkan arPemkabea sholat Idul Fitri di Ta

Pemkab OKU persiapkan area sholat Idul Fitri di Taman Kota

Sejumlah warga melaksanakan shalat Idul Adha di Bundaran Air Mancur Kota Palembang, Sumsel, Jumat (31/7/2020). (ANTARA /Feny Selly/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyiapkan area sholat Ied (Idul Fitri) 1444 Hijriah di Taman Kota Baturaja, yang dapat mewadahi ribuan orang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab OKU Kadarisman di Baturaja, Kamis mengatakan, pada tahun ini pemerintah daerah setempat memperbolehkan pelaksanaan sholat Ied di tempat terbuka.

Sholat Idul Fitri di Taman Kota Baturaja ibu Kota Kabupaten OKU tersebut, merupakan perdana digelar setelah tiga tahun berturut-turut tidak dilaksanakan akibat pandemi COVID-19 melanda dunia.

"Alhamdulillah setelah tiga tahun tidak digelar secara massal di tempat terbuka akibat pandemi, akhirnya tahun ini sholat Ied sudah diperbolehkan," katanya.

Pada tahun ini, pihaknya menyiapkan tempat pelaksanaan sholat berjamaah di Taman Kota Baturaja yang dapat menampung ribuan Muslim.

Hanya saja, kata dia, untuk tanggal pelaksanaannya masih menunggu keputusan pemerintah melalui sidang isbat.

"Kemungkinan sholat Idul Fitri tahun ini dilaksanakan pada Sabtu (22/4) pukul 06.45 WIB, namun untuk pastinya kita tunggu saja keputusan pemerintah," ujarnya.

Dalam sholat berjamaah setelah meraih kemenangan satu bulan menjalankan ibadah puasa tersebut, akan dipimpin oleh Inamullah selaku imam dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Muhammad Ali selaku khatib.

Kadarisman mengajak masyarakat Kabupaten OKU untuk turut mengikuti sholat Ied berjamaah tersebut dengan membawa perlengkapan seperti sajadah dan mukena.

"Selain dibuka untuk masyarakat umum, sholat Ied nanti akan dihadiri sejumlah pejabat jajaran Pemkab OKU," ujar dia.