Tugu Peristiwa Bersejarah tahun 1947, tak sekedar untuk di lihat

id Tugu peristiwa bersejarah tahun 1947, pertempuran lima hari lima malam, jembatan ampera,literasi, milenial, masyarakat, sejarah

Tugu Peristiwa Bersejarah tahun 1947, tak sekedar untuk di lihat

Tugu Peristiwa Bersejarah Tahun 1947 di kawasan Jembatan Ampera Kota Palembang. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Tugu Peristiwa Bersejarah Tahun 1947 yang berlokasi di kawasan Jembatan Ampera dekat Stasiun LRT Ampera bukan sekedar bangunan untuk dilihat, namun masyarakat harus tahu sejarahnya.

Tugu tersebut dibangun untuk memperingati peristiwa heroik pertempuran lima hari lima malam pada 1-5 Januari 1947, yakni dipicu penolakan masyarakat dan pejuang Palembang dengan kehadiran kembali pasukan Belanda.

Kini hanya bisa terlihat oleh warga yang berjalan kaki di pedestrian atau trotoar Jembatan Ampera.  Butuh literasi bagi masyarakat untuk ‘menghidupkan’  sejarah yang melatarbelakangi  berdirinya tugu itu.

Bagi masyarakat,  khususnya kaum milenial yang belum tahu sejarahnya,  ada baiknya bila melihat tugu tersebut  trak sekedar melihat, namun coba untuk membuka sejarahnya yang ada di mesin pencari.

Dengan demikian, kaum milenial bisa mengetahui sejarah tugu Peristiwa Bersejarah Tahun 1947 itu.

Tak hanya itu, juga setiap melihat berbagai hal yang terkait sejarah, bangunan, artefak dan lainnya ada baiknya untuk mendalaminya menggunakan mesin pencari yang demikian mudah di zaman IT saat ini.

Ayo tingkatkan literasi masyarakat terhadap sejarah dengan cara lebih proaktif memanfaatkan teknologi.