Gubernur Sumsel peroleh anugerahIKADI Award 2022

id Sumsel, gubernur, dakwah, Herman deru

Gubernur Sumsel peroleh anugerahIKADI Award 2022

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru  mendapat penghargaan dari katan Dai Indonesia (IKADI) sebagai gubernur yang Peduli Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin. (Antara/HO/Ist)

Lombok, NTB (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru  mendapat penghargaan dari katan Dai Indonesia (IKADI) sebagai gubernur yang Peduli Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin.

Penghargaan tersebut di serahkan oleh Wakil Ketua MPR RI Dr H Muhammad Hidayat Nur Wahid kepada gubernur  yang diwakili  DrAnalis Ahli Utama Pemprov Sumsel Dr H Rosyidin Hasan   pada  Rakornas IKADI 2023 dan  Anugerah Grand IKADI Award 2022 bertempat di  Aruna Senggigi Resort & Convention, Sabtu (22/1).


Diberikannya penghargaan tersebut kepada Gubernur Sumsel Herman Deru merupakan bentuk apresiasi IKADI  yang telah banyak memberikan perhatian terhadap dakwah, serta memiliki komitmen untuk mengokohkan dakwah rahmatan lil ‘alamin di Indonesia.

Rosyidin Hasan saat dimintai komentarnya terkait dengan penghargaan yang diterima Herman Deru  tersebut menegaskan, Gubernur Herman Deru  merupakan sosok pemimpin daerah yang sangat peduli terhadap dakwah Islam rahmatan lil’alamin.

Sehingga IKADI Pusat memberikan penghargaan setelah sebelumnya dilakukan penjurian dan verifikasi yang ketat atas usulan yang telah disampaikan dari KADI Provinsi Sumsel.

“Dakwah Rahmatan lil’alamin merupakan dakwah yang sekarang dikembangkan oleh pemerintah dan kementerian agama. Dimana dakwah yang menyejukan semua orang,” ungkapnya. 

Rosyidin mengakui, Gubernur  Sumsel Herman Deru dinilai oleh IKADI Pusat, sebagai sosok Gubernur yang memang mendorong dakwah rahmatan lil’alamin di Provinsi Sumsel, kemudian dinobatkan dalam IKADI Award sebagai Gubernur yang Peduli Dakwah Islam yang Rahmatan Lil’alamin.

“Bahkan ketika beliau safari jum’at, pak Gubernur  terus mengingatkan  para tokoh agama seperti kyai dan ustad untuk memberikan isi materi dakwah yang  mengedukasi. Dengan tetap berpedoman pada Al Qur'an dan Assunah dengan pemilihan diksi kalimat yang tidak mengundang propokasi atau perpecahan,"  tambahnya.

Dia menambahkan banyak hal yang disampaikan Gubernur dalam setiap kunjungan kerjanya ke daerah-daerah yang menyejukkan umat.

"Apa yang dinilai IKADI  adalah yang  disampaikan oleh Bapak Gubernur, untuk menyampaikan ceramah dengan cara yang terbaik jadi orang yang mendengar itu merasa sejuk dan merasa damai,” pungkasnya. 

Di lain pihak, Wakil Ketua IKADI  Wilayah Sumsel, Ust Muhammad Taufik Saiman mengatakan,  IKADI memberikan penghargaan untuk Gubernur  Sumsel salah satu kriterianya karena Herman Deru banyak ide dan gagasan melalui  programnya  diantaranya satu desa satu rumah tahfidz.

Selain itu gubernur juga merupakan sosok pemimpin daerah yang peduli pada  pondok pesantren, guru ngaji serta pembangunan masjid dan rumah ibadah yang ada di Sumsel.