Pemkab OKI bagikan 10 juta bendera merah putih ke warga

id bendera,bendera merah putih,pemkab oki,ogan komering ilir

Pemkab OKI bagikan 10 juta bendera merah putih ke warga

Wakil Bupati Dja'far Shodiq membagikan bendera merah putih ke warga di Lapangan Segitiga Emas Kayuagung, Kabupaten OKI, Sumsel, Minggu (14/8/22). ANTARA/HO-Pemkab OKI

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan membagikan bendera merah putih ke warga untuk mendukung gerakan nasional pembagian 10 juta bendera menjelang HUT ke-77 RI.

Wakil Bupati Dja'far Shodiq di Lapangan Segitiga Emas Kayuagung, Minggu, mengatakan gerakan ini untuk menggugah semangat nasionalisme warga karena bendera merah putih merupakan identitas dan alat pemersatu bangsa.

"Bendera merupakan simbol kemerdekaan, mengibarkannya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan," kata Shodiq.

Dalam kegiatan ini, Pemkab OKI menargetkan sebanyak 10.000 bendera secara bertahap dibagikan ke warga, 12-31 Agustus 2022.

Dengan dibagikannya bendera merah putih ini diharapkan masyarakat semakin memahami makna perjuangan para pendahulu dan menghargai kemerdekaan, kata dia.

Baca juga: Muara Bungo, Jambi pecahkan rekor MURI melalui kirab bendera sepanjang 2.500 meter

Shodiq berpesan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk mengajak warganya mengibarkan bendera merah putih selama Agustus ini.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas OKI Fahrul Rozi mengatakan gerakan pembagian bendera ini merupakan gerakan bersama oleh jajaran ASN, lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat umum.

Bendera ini berasal dari sumbangsih ASN serta masyarakat umum untuk dibagikan kepada warga.

Lantaran adanya gerakan ini para pedagang bendera di OKI mendapatkan berkah.

Iran, salah seorang pedagang pernak pernik HUT RI di Jalan Pahlawan Kayuagung mengaku beberapa hari belakangan ini mendapat banyak pesanan.

Setidaknya ada tujuh instansi pemerintah yang membeli bendera merah putih dengan berbagai ukuran.

"Dibanding tahun-tahun sebelumnya, tahun ini terasa perbedaannya. Banyak pesanan,” kata dia.
Baca juga: Pedagang bendera dan pernak-pernik HUT RI di Palembang mulai marak